Saat mengoperasikan perangkat komputer maka dijamin akan mempergunakan gabungan antara hardware dengan software. Hardware berkaitan erat dengan perangkat keras yang terlihat oleh mata dan bisa disentuh.

Sedangkan untuk software mengarah kepada setiap perangkat lunak yang menyusun komputer yang digunakan. Berikut penjelasan lebih detail tentang software komputer.\

Pengertian dan Macam-Macam Software di Dalam Komputer

Apa Itu Software?

Software akrab disapa pula dengan istilah perangkat lunak dan menjadi komponen vital dari sebuah komputer. Software sendiri bisa dikatakan sebagai sebuah data yang telah diprogram untuk bisa lebih mudah digunakan.

Adapun data yang diprogram ini adalah data-data elektronik, yang tentu tidak ada fisiknya namun bisa dijalankan dan dimanfaatkan.

Fungsi Software

Secara umum software akan bekerjasama dengan komponen hardware, dan adapun fungsinya antara lain:

  • Fungsi dasar dan yang pertama dari software adalah untuk mendeteksi perangkat hardware. Sebagai contoh sederhana adalah mendeteksi mouse yang dicolokan ke komputer dan akan dibaca oleh sistem operasi, sistem operasi ini masuk kategori software.
  • Menjadi media penghubung antara software dengan hardware maupun menghubungkan antara satu hardware dengan hardware lainnya.
  • Software juga membantu mengidentifikasi program menjadi bahasa khusus yang mudah dipahami oleh user atau pengguna komputer.

Macam-Macam Software

Masyarakat umumnya menyebut program atau aplikasi sebagai software, namun sebenarnya keduanya merupakan bagian dari software. Sehingga kurang tepat rasanya jika aplikasi tertentu disebut sebagai software sekalipun tidak memiliki fisik yang bisa disentuh. Sedangkan untuk jenis atau macam-macam dari software ini secara umum adalah:

1. Sistem Operasi

Sistem operasi disebut juga dengan istilah OS dari kata Operating System dan merupakan jenis software dengan fungsi paling kompleks. Tanpa sistem operasi maka komputer tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Sistem operasi akan memastikan semua software di komputer berjalan dengan baik, sehingga perannya selain kompleks juga krusial sekali.

2. Software Pengolah Angka

Beberapa jenis software digunakan untuk mengolah maupun menghitung angka dalam skala besar atau banyak. Software jenis ini disebut software pengolah angka sehingga menampilkan hasil perhitungan seperti penjumlahan, perkalian, pembagian, persentase, dan lain sebagainya. Contohnya adalah Microsoft Excel dan Lotus 123.

3. Software Pengolah Kata

Sesuai dengan sebutan atau namanya jenis software satu ini digunakan untuk kegiatan tulis-menulis. Sehingga digunakan untuk penyusunan laporan, pembuatan surat, menyusun tugas, dan sebagainya. Paling populer adalah Microsoft Office Word.

4. Software Antivirus

Software jenis ketiga adalah antivirus yang dikenal juga dengan istilah Virus Protection Software. Software ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi virus di perangkat komputer dan kemudian membersihkan atau menghapus dan menghancurkannya agar tidak merusak perangkat.

Software yang dijelaskan dan disebutkan di atas adalah jenis yang secara umum digunakan pengguna komputer. Berhubung teknologi terus berkembang maka jenis dari software ini diperkirakan akan terus bertambah semakin banyak dan kompleks.