Usaha kecil hingga menengah (UMKM) dan jenis bisnis lain biasanya beroperasi dengan anggaran pemasaran terbatas sehingga tidak memiliki porsi untuk menyewa iklan yang mahal.

Banyak pemasar UMKM mungkin menjadi frustasi dengan pilihan iklan berbayar. Karena anggaran mereka seringkali dapat membatasi jumlah calon konsumen yang dapat mereka jangkau dengan iklan berbayar. Jadi, apakah ada opsi iklan bisnis gratis?

Pemanfaatan Iklan Bagi Pemasaran Produk Digital
69935213 – flat vector for business online payment on mobile device and online shopping concept .internet marketing online and e-commerce concept

Iklan Gratis untuk Pemasaran Produk Digital

Ada banyak pilihan iklan bisnis gratis secara online yang memungkinkan bisnis untuk bisa lebih berkembang tanpa harus mengkhawatirkan masalah anggaran.

Cara gratis ini bisa Anda gunakan untuk mendorong penjualan, dan meningkatkan konversi. Berikut ini adalah tips strategi pemasaran digital untuk iklan gratis, dengan begitu anda dapat mengurangi biaya dan menghemat lebih banyak anggaran.

1. Bergabung Grup dalam Sosial Media

Tips yang pertama yaitu bergabung dan aktif dalam grup yang ada di social media online. Menggunakan forum dan grup media sosial tertentu untuk keuntungan pemasaran bisnis Anda. Anda tidak perlu menjual atau terus-menerus berbicara tentang bisnis secara agresif.

Cukup dengan ikut dalam percakapan yang relevan dengan kegiatan bisnis Anda dapat mendatangkan calon pelanggan potensial bagi bisnis Anda. Salah satunya, LinkedIn adalah tempat yang tepat untuk menerapkan strategi ini.

2. Bangun Partner dengan influencer

Membangun hubungan dengan influencer di area bisnis Anda dapat membuka pintu bagi kiat pemasaran gratis. Bisnis Anda dapat ditampilkan di media sosial mereka, diundang ke postingan tamu di blog mereka, dan sebagainya.

Masih ada influencer yang bisa Anda ajak kerja sama dengan biaya nol rupiah atau hanya dengan memberikan merchandise dari produk bisnis Anda kepada mereka. Dan tentunya peluang seperti itu akan meningkatkan popularitas bisnis Anda.

3. Buat Poster pada Komunitas Terdekat

Apakah Anda memiliki pusat komunitas di daerah terdekat? Jika demikian, manfaatkan papan buletin yang tersedia. Tempel poster dan selebaran menarik yang meningkatkan eksistensi bisnis Anda.

Biasanya, komunitas di kampus-kampus sering terbilang aktif untuk mengadakan berbagai acara dan hal ini bisa menjadi sasaran empuk bagi pengiklanan gratis.

Anda memiliki kesempatan untuk menarik perhatian mereka. Untuk melakukan ini, sampaikan pesan yang sangat relevan dari bisnis dengan jenis komunitas yang ditargetkan.

4. Mengirim Informasi Menarik ke Koran-koran lokal

Apakah bisnis Anda memiliki informasi menarik dan layak diberitakan? Jika demikian, jangan lewatkan kesempatan untuk menyebarkan informasi tersebut ke khalayak luas!

Kirim Press Release bisnis Anda ke koran-koran lokal. Biasanya, koran-koran lokal akan menawarkan space iklan secara gratis. Jadikan bisnis Anda terkenal di depan mata lebih banyak orang di luar area yang bisa Anda jangkau.

Jika cerdas, Anda bisa memanfaatkan segala kemungkinan mengingat sekarang ini internet menjadi sumber komunikasi dan arus penyaluran informasi yang penting dan murah biaya.