Kita tidak pernah tahu kapan pandemi virus corona akan berakhir. Namun kita tidak mungkin juga selalu berdiam diri dirumah , kehidupan dengan segala aktivitasnya harus tetap berjalan. Pada akhirnya, kita harus hidup berdampingan dengan virus corona.

Pandemi virus corona telah mengakibatkan terbentuknya tatanan kehidupan normal baru bagi masyarakat. Masyarakat akan hidup dengan suasana yang baru, suasana yang mengedepankan tentang pola hidup bersih dan sehat.

New Normal Mengubah Teknologi
New normal concept effected by COVID 19 coronavirus that changes our lifestyle to new normal presented in word written in notebook on office desk when abnormal becomes new normal .

Efek Pandemi Covid-19 Terhadap Penggunaan Teknologi

New normal adalah sebagai keadaan yang sebelumnya tidak biasa atau familiar yang kemudian dijadikan standar, kebiasaan atau ekspektasi. Contohnya: manusia mau tidak mau beralih bekerja dan sekolah via internet, penggunaan masker, handsanitizer, serta belanja secara online.

Dikutip dari computer Weekly, Covid-19 sangat berpengaruh terhadap penggunaan teknologi. Ada efek mulai dari jangka pendek, menengah dan panjang akibat COVID-19.

1. Jangka Pendek

Dalam jangka pendek, himbauan pemerintah agar bekerja dan belajar dari rumah menuntut orang secara global untuk terbiasa dengan peralatan IT dan koneksi internet. Terbukti dari adanya peningkatan jumlah download dari aplikasi seperti Skype atau Zoom.

Krisis ekonomi akibat Pandemi covid-19 berdampak pada peningkatan cyber crime. Orang yang awam akan teknologi sangat rentan menjadi sasarannya.

Di masa new normal,teknologi membantu dalam memonitor, melacak, mengelola penyebaran virus, serta menganalisis data pergerakan virus SARS-CoV-2. Aplikasi kesehatan juga telah banyak diluncurkan.

2. Jangka Menengah

Orang-orang telah terbiasa dengan bekerja dan sekolah dari rumah. Orang pergi ke kantor hanya 2-3 kali dalam seminggu dan jumlah jam kerja yang menurun drastis, bukanlah hal yang aneh. Selain itu masyarakat telah terbiasa dengan pemanfaatan teleconferencing.

3. Jangka Panjang

Investasi pada 5G sepertinya akan mengalami peningkatan karena kebutuhan koneksi yang lebih cepat di era digital. Teknologi semakin dekat dengan kita, karena interaksi sosial dan shopping yang lebih efisien dengan medsos juga e-commerce.

Telemedicine semakin berkembang, data penelitian dan pengobatan pun lebih jelas tersimpan, serta munculnya aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan kesehatan. Hal tersebut sangat berpengaruh pada sisi teknologi.

Di era new normal,akan ada persaingan dalam mencari pekerjaan yang semakin sulit. Tapi bagi mereka yang memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang, new normal justru bisa menjadi peluang bagi mereka yang ingin membuka lapangan pekerjaan.

Teknologi Digital Semakin Canggih di Era New Normal

Teknologi semakin canggih dan semakin berperan di era sekarang. Salah satu elemen yang paling terasa kontribusinya selama praktik new normal ini adalah teknologi digital. Sekarang, anda dituntut untuk melakukan adaptasi terhadap kemajuan teknologi digital yang bisa menunjang pekerjaan. Siapkah anda dengan kehidupan new normal ?