Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah serta bulan pengampunan, di mana semua umat muslim berlomba-lomba untuk menyambutnya dengan hati yang gembira. Apresiasi terhadap bulan suci ramadhan dilakukan berbagai macam caranya termasuk memikirkan menu buka puasa apa yang akan disediakan.

Apalagi puasa di hari pertama tentulah sangat ingin berbuka dengan makanan yang sesuai selera. Oleh sebab itu, tepat sekali jika para sahabat membaca tulisan ini, sebab di bawah akan diuraikan beberapa menu buka puasa yang simple, lezat dan cocok untuk hari pertama puasa

Menu Berbuka yang Cocok di Hari Pertama Puasa

3 Rekomendasi Menu Buka di Hari Pertama Puasa

Biasanya orang-orang yang ada di Indonesia pada awal puasa di bulan ramadhan selalu diperlakukan dengan sangat spesial dengan cara membuat berbagai macam menu buka puasa yang enak. Pada dasarnya bulan suci ramadhan setiap harinya adalah hari-hari yang sangat spesial, namun hari pertama tetaplah memiliki kemewahan tersendiri. Sehingga sangat tepat sekali jika para sahabat memasak beberapa pilihan menu buka puasa berikut.

1. Es Pisang Ijo

Sunnah Rasulullah SAW. bahwa berbuka dengan yang manis-manis yakni dengan 3 biji kurma dan segelas air manis. Namun, ada menu buka puasa yang juga rasanya manis serta sangat menendang di tenggorokan yakni es pisang ijo.

Sesuai dengan namanya, es pisang ijo berbahan dasar pisang yang dibaluti oleh adonan tepung berwarna hijau yang didapatkan dari pewarna alami daun pandan wangi atau bisa juga dengan pewarna buatan. Kemudian kuahnya berasal dari santan, gula dan susu putih serta ditambahkan potongan es batu secukupnya saat dihidangkan.

2. Sandwich ala rumahan

Selanjutnya, selain manis-manis tentunya juga ingin berbuka yang memiliki ragam rasa seperti pedas, asin, sedikit manis serta segar. Sandwich sangat tepat untuk dijadikan sebagai menu buka awal puasa ramadhan sebab rasanya yang sangat enak dan nyaman di perut.

Makanan yang dibuat dengan ala rumahan ini cukup mudah bahkan bahan-bahannya sangat mudah untuk di dapatkan di toko-toko mana saja. Sediakan roti tawar, telur, daun bawang, daun sop, saus cabai, selada, margarin serta teflon sebagai alat pembuatnya.

3. Aneka Gorengan

Ketiga, menu buka yang sangat cocok untuk awal bulan ramadhan adalah aneka gorengan sebab seperti yang kita ketahui hampir semua orang menyukai gorengan. Selain mudah membuatnya, rasanya pun lezat serta beraneka ragam jenisnya seperti, tahu isi, pisang goreng, bakwan dan lain sebagainya.

3 menu buka puasa di atas sangat menarik bukan? Selain rasanya yang dijamin nikmat, cara pembuatan dan bahan-bahan yang diperlukan pun cukup mudah didapat. Tunggu apalagi segera pilih salah satu diantara menu tadi dan coba rasakan sendiri kenikmatannya.