Hari raya Idul Fitri merupakan momen yang paling dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Uniknya setiap negara memiliki sejumlah tradisi yang terbilang unik dalam meramaikan malam Idul Fitri tersebut. Tradisi unik ini tentunya memberi warna pada Idul Fitri, yang kemudian membuatnya semakin semarak dan penuh suka cita.

Mengintip Tradisi Perayaan Lebaran di Sejumlah Negara

Tradisi Unik Perayaan Lebaran di Berbagai Negara

Berikut adalah sejumlah tradisi unik menyambut momen Idul Fitri oleh umat muslim di berbagai negara di dunia:

1. Australia

Australia merupakan negara terdekat dengan Indonesia dan meskipun bukan dengan penduduk mayoritas muslim, namun pemerintah memberi dukungan perayaan Idul Fitri. Pemerintah memberikan hak cuti atau mengambil libur di perusahaan manapun bagi umat muslim selama Idul Fitri. Sekaligus diberikan hak untuk memakai jalan guna menjadi lokasi pelaksanaan sholat ied.

2. Arab Saudi

Beralih ke Arab Saudi, yakni di Riyadh diketahui perayaan Idul Fitri sarat akan kegiatan kesenian. Sejumlah pagelaran seni digelar masyarakat setempat mulai dari teater, baca puisi, sampai parade musik keliling. Masyarakat setempat pun menghias rumah mereka agar tampak meriah.

Sedangkan untuk menu khas hari raya adalah nasi dan sayuran tradisional yang disantap bersama daging domba. Tradisi serupa juga diketahui berlangsung di Sudan, Suriah, dan sejumlah negara di Timur Tengah lainnya.

5. China

Tradisi umat muslim di China merayakan Idul Fitri juga terbilang unik, kegiatan pertama yang dilakukan adalah mengunjungi makam leluhur. Selain itu terdapat pula tradisi memanjatkan doa untuk saudara yang meninggal selama masa Dinasti Qing dan Revolusi Kebudayaan.

China menetapkan Idul Fitri sebagai hari libur nasional, dan muslim pria disini mengenakan jas khas serta kopiah berwarna putih. Sementara untuk muslim wanita mengenakan baju hangat dengan kerudung. Selepas pelaksanaan sholat ied, jamaah akan saling bersilaturahmi dan makan bersama.

6. Turki

Masyarakat Turki menyebut Idul Fitri dengan kaya seker bayram yang berarti pesta gula. Umat muslim di negara ini menyambut Idul Fitri dengan menyediakan aneka jenis makanan manis. Selain itu ada tradisi saling mengirimkan makanan manis tersebut kepada tetangga maupun sanak famili. Sama pula dengan di Indonesia, disini juga terdapat tradisi sungkem dan silaturahmi.

7. Malaysia

Sedangkan di negara tetangga, yakni Malaysia memang tradisi disini tidak berbeda jauh dengan di Indonesia. Hidangan khas menyambut hari raya ada lontong, ketupat, lemang, rendang, dan sebagainya. Selain itu terdapat tradisi berziarah ke makam keluarga selepas sholat ied. Anak-anak akan berkeliling dan orang dewasa yang sudah berpenghasilan membagikan uang hari raya ke anak-anak dan keluarga yang masih belum berpenghasilan.

Tradisi di berbagai negara menyambut momen Idul Fitri memang terbilang khas, beberapa yang secara geografis berdekatan dengan Indonesia memiliki tradisi nyaris serupa. Apapun tradisinya tentu memiliki tujuan yang sama yakni merayakan Idul Fitri dengan penuh suka cita.