Microsoft Office Word atau yang sering disingkat dengan istilah MS Word merupakan salah satu aplikasi komputer yang banyak digunakan.

Penggunaannya bisa untuk menulis dokumen seperti surat maupun menyusun data laporan. Sebab ditunjang dengan beberapa fitur yang membuatnya bisa digunakan sebagaimana Microsoft Excel, salah satunya fitur pembuatan tabel yang disediakan.

Mengenal Tabel di Microsoft Word dan Cara Membuatnya

Apa Itu Microsoft Word

Microsoft Office Word merupakan sebuah aplikasi perkantoran yang digunakan untuk menulis berbagai jenis dokumen.

Segala laporan tertulis untuk keperluan literasi maupun penyusunan tugas akhir, skripsi, dan sebagainya dilakukan di aplikasi ini. Paling umum adalah digunakan untuk pembuatan surat baik untuk keperluan internal perusahaan maupun eksternal.

Namun selain digunakan untuk menyusun dokumen surat menyurat, MS Word juga bisa digunakan untuk mengolah data sebagai laporan tertulis.

Salah satu fitur yang bisa digunakan untuk keperluan ini adalah fitur tabel.Yakni fitur yang digunakan untuk membuat tabel di dalam lembar kerja dan diisi dengan data-data yang dimiliki.

Cara Membuat Tabel di Word

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat tabel di dalam MS Word, sebaiknya cek dulu MS Word yang dimiliki versi ke berapa.

Sebab sampai saat ini masih banyak yang memakai MS Word 2007 karena paling simpel dan sudah terbiasa menggunakannya. Namun ada pula yang sudah di upgrade ke MS Word 2010, 2013, maupun versi terbaru yang rilis tahun 2020 ini.

Berikut adalah cara membuat tabel melalui MS Word 2013 yang bisa jadi tidak berbeda jauh dengan versi sebelumnya:

  • Buka dulu aplikasi MS Word di perangkat kerja yang digunakan, baik PC maupun laptop dan tablet.
  • Tekan atau klik tab menu Insert di bagian atas dokumen kerja.
  • Selanjutnya klik sub menu Table yang memiliki lambang menyerupai deretan kotak-kotak.
  • Lalu akan muncul sejumlah kotakan, dan tinggal mengarahkan kursor dari kiri atas ke kanan bawah sampai jumlah baris dan kolom yang diinginkan terbentuk di lembar kerja.
  • Selanjutnya tinggal mengatur tampilan tabel tersebut, dengan diklik dan di drag untuk mengatur ukuran masing-masing baris dan kolom sekaligus diberi nama.

Pembuatan data dalam bentuk tabel tidak selalu dimulai dengan memasukan fitur tabel dan baru diisi datanya. Namun bisa pula dengan mengubah data dalam bentuk teks untuk kemudian dijadikan data dalam bentuk tabel. Namun data teks ini sebaiknya dalam bentuk penomoran, adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih semua teks dengan cara di blok.
  • Selanjutnya klik menu Insert di bagian atas dokumen kerja, dan pilih sub menu Table.
  • Selanjutnya akan muncul menu drag and down, silahkan arahkan kursor ke bagian bawah dan pilih “Convert Text to Table”.
  • Berikutnya akan muncul kotak dialog, silahkan memilih pilihan “Separate Text At”.