Pernah menerima SMS aneh yang mencurigakan? Sebaiknya waspada dan selalu hati-hati, karena bisa jadi SMS tersebut masuk ke dalam kategori SMS Chat-V. Sehingga segala informasi apapun yang masuk melalui SMS sebaiknya diteliti dulu. Jangan buru-buru melakukan tindakan, terutama yang diminta oleh SMS tersebut. Lalu, apa itu SMS Chat-V dan apa dampak atau bahayanya?

Mengenal SMS Chat-V dan Bahayanya

Sekilas Tentang SMS Chat-V

SMS chat-V seperti namanya adalah sebuah SMS atau pesan teks yang dikirimkan oleh nomor tidak dikenal dan terhubung dengan sebuah link. Link ini akan diarahkan oleh pengirim SMS untuk diklik atau dibuka oleh penerima SMS tersebut. Secara umum, link akan diarahkan pada sebuah situs yang membuat satu atau beberapa aplikasi terinstal otomatis ke perangkat smartphone.

Jika aplikasi sudah terinstal, maka bahaya sudah dimulai dimana aplikasi tersebut bisa mengancam keamanan data. Aplikasi tertentu yang memiliki status merah bisa meretas beberapa fitur di dalam smartphone, misalnya kamera atau mungkin aplikasi tertentu di smartphone tersebut.

Jika data pribadi dicuri maka resikonya sangat banyak, bisa dimanfaatkan untuk berbagai tindakan yang merugikan. Oleh sebab itu penting sekali untuk menjaga data pribadi agar tetap aman dan tidak mudah diketahui oleh publik. Lalu, bagaimana jika mendapatkan SMS chat-V tersebut?

Solusinya tentu saja mengabaikannya, selama link dari SMS tersebut tidak disentuh atau diapa-apakan maka akan tetap aman. Selain itu, perlu memahami juga ciri khas dari SMS Chat-V itu sendiri, sehingga bisa lebih mawas diri. Berikut adalah ciri-ciri umum tersebut:

  • SMS dikirim dari nomor yang tidak dikenal, sehingga pastikan mengecek dulu apakah nomor pengirim tersimpan di perangkat atau tidak. Jika tidak maka ada kecurigaan SMS yang dikirim adalah SMS Chat-V.
  • Berisi informasi menarik, misalnya menyampaikan bahwa Anda memenangkan undian berhadian, bantuan Covid-19 dari pemerintah, dan sebagainya.
  • Diarahkan untuk membuka link yang dicantumkan dalam SMS untuk proses klaim hadiah, mengisi data untuk persyaratan, dan lain-lain.

Jika ciri-ciri di atas dialami maka sebaiknya segera hapus SMS yang masuk atau didiamkan saja. Sebab segala informasi resmi dijamin nomor secara otomatis memiliki nama entah dari provider, pihak pemerintah, dan lain-lain.

Tips Menghindari Jebakan SMS Chat-V

Bagaimana agar terhindar dari bahaya atau dampak negatif dari praktek SMS Chat-V tersebut? Berikut adalah beberapa tips yang perlu dicoba:

  • Jika SMS yang masuk berupa tautan atau link, sebaiknya segera dihapus.
  • Jika tanpa sengaja link sudah dibuka maka bisa menginstal antivirus, misalnya Malwarebytes.
  • Jika terkena gejala diretas maka bisa menyetel ulang perangkat di menu pengaturan untuk reset pabrik.
  • Jika ponsel menunjukan eror seperti mengirim SMS sendiri dan mati hidup sendiri, maka dianjurkan untuk membeli smartphone baru.