Berjualan pulsa masih menjadi bisnis yang paling dicari oleh masyarakat. Bagaimana tidak? Hanya dengan modal 50ribu rupiah saja, seseorang sudah bisa menjajakan produk pulsa elektrik. Selain itu, produk yang ditawarkan menjadi lebih lengkap dengan tersedianya paket PPOB (post payment online bank) dimana agen tidak hanya berjualan pulsa elektrik tetapi juga menyediakan layanan pembayaran secara real time seperti di bank baik untuk cicilan maupun tagihan listrik dan air.

Namun, berbisnis pulsa bukan berarti tanpa kendala. Murahnya investasi yang ditanamnkan membuat persaingan sengit tak terelakkan. Akhirnya setiap pelaku usaha akan mencari strategi jitu bagaimana caranya untuk memenangkan hati pelanggan agar tetap setia menggunakan jasa atau layanan mereka. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mencari server pulsa murah. Dengan begitu, harga jual dapat lebih bersaing di pasaran.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan server pulsa? apa saja kah fungsinya? Apa yang perlu diketahui oleh seorang agen pulsa tentang server tersebut?

Server pulsa merupakan perangkat komputer yang didalamnya sistemnya sudah terinstal software pulsa. kemudian, system ini dihubungkan ke beberapa modem yang berisi kartu chip dari operator yang berbeda. Di antaranya, MKIOS, Dompul. VTRI, MTronik dan lain sebagainya. Selain menggunakan komputer, software juga bisa digunakan melalui media laptop. Hal ini tinggal disesuaikan dengan ketersediaan perangkat yang dimiliki oleh pengusaha pulsa.

Pertanyaannya kemudian adalah mengapa Anda perlu mempertimbangkan untuk berinvestasi pada server pulsa? Tentunya, posisi ini akan memangkas proses distribusi dimana Anda akan berada langsung dekat dengan operator. Dengan kata lain, memiliki server pulsa sendiri memungkinkan Anda memperoleh harga beli produk jauh lebih murah. Selain itu, Anda juga berkesempatan memperluas jaringan distribusi pulsa dengan mendaftarkan agen-agen baru sebagai downline Anda. Semakin banyak agen yang terdaftar, semakin tinggi omset yang diperoleh.

Kemudian bagaimana sih proses transaksi pengisian pulsa saat melewati servernya? Berikut penjelasannnya:

  1. Proses input perintah atau kode yang dikirimkan oleh para agen pulsa ke SMS center server dalam bentuk format tertentu. Format inilah yang akan dibaca server.
  2. Proses pembacaan format kode dan eksekusi perintah. Misalnya untuk transaksi pengisian oulsa, maka, server akan mengecek terlebih dahulu stok dan memotong saldo sesuai dengan harga pulsa yang diinginkan. Apabila stok mencukupi, maka perintah akan diteruskan ke proses pengisian pulsa sesuai dengan nominal dan jenis operator yang dimaksud.
  3. Setelah proses input dan eksekusi perintah selesai, maka server akan mengirimkan laporan ke penjual melalui SMS sender. Formatnya juga sudah ditentukan. Selain lewat sms, laporan juga bisa diberikan menggunakan aplikasi chat lain seperti YM atau Telegram, tergantung bagaimana perintah input dikirim.

Proses pengisian pulsa ternyata harus berjalan secara bertahap ya. Tentunya sebagai seorang pebisnis Anda ingin memastikan bahwa produk dapat sesegera mungkin bisa dinikmati oleh konsumen. Maka dari itu, pemilihan server handal sangatlah penting. Agar tetap bisa bersaing di pasaran, tentunya server pulsa murah terpercaya menjadi faktor penting dalam usaha bisnis pulsa Anda.