Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi perkantoran yang digunakan untuk mengolah data. Supaya data yang dimiliki lebih mudah dibaca dan penyusunannya juga tidak memakan waktu lama.

Maka digunakan sejumlah rumus atau fungsi sesuai kebutuhan, salah satu fungsi yang banyak digunakan di lingkungan perusahaan adalah HLOOKUP dan VLOOKUP.

Mengenal Rumus HLOOKUP dan VLOOKUP di Excel

Pengertian HLOOKUP dan VLOOKUP di Dalam Excel

Rumus HLOOKUP merupakan salah satu rumus atau fungsi di dalam Excel yang digunakan untuk mengambil suatu nilai dari tabel lain berdasarkan pada sebuah kata kunci.

Data di dalam tabel yang menggunakan fungsi ini adalah data berbentuk horizontal, sehingga tampilan datanya mendatar ke samping.

Sedangkan untuk rumus VLOOKUP adalah fungsi di dalam Excel yang digunakan untuk mengambil nilai dari tabel lain yang bentuknya vertikal. Sehingga data di tabel lainnya disusun secara vertikal atau tegak ke atas.

Sehingga keduanya dipakai untuk mengambil suatu nilai yang berasal dari tabel lain, perbedaannya hanya pada tampilan data di tabel lain tersebut.

Tabel lain yang digunakan disebut pula dengan istilah tabel bantu dan biasanya diletakan di sisi kanan tabel utama, namun bisa pula diletakan di bagian bawah tabel utama.

Pengambilan data ini penting untuk melengkapi informasi dari data di tabel utama yang tidak memungkinkan untuk diolah tanpa tabel bantu tadi.

Cara Menggunakan HLOOKUP

Fungsi HLOOKUP memiliki empat argumen yang digunakan untuk menentukan data di kolom dan baris mana yang akan diambil dari tabel bantu. Berikut empat argumen tersebut:

  • Nilai yang Dicari, argumen ini menentukan nilai yang dicari pada baris pertama tabel bantu. Adapun bentuk dari Nilai yang Dicari ini bisa dalam bentuk nilai, string teks, dan juga referensi.
  • Tabel Referensi, melalui NIlai yang Dicari tadi maka akan dijumpai atau ditemukan nilai di baris pertama. Nantinya perlu menggunakan referensi ke tabel, range, dan juga nama range yang juga disebut tabel range.
  • Nomor Baris, argumen ini menunjukan nilai yang cocok dari Tabel Referensi yang dimiliki.
  • Range Lookup, berisi logika TRUE dan juga FALSE untuk mencocokan data yang dicari di dalam tabel bantu dan data disusun secara horizontal.

Cara Menggunakan VLOOKUP

Fungsi VLOOKUP juga memiliki empat argumen yang digunakan untuk mencari data yang tepat di tabel bantu. Berikut argumen tersebut:

  • Nilai yang Dicari, nilai ini ditemukan atau mulai dicari pada kolom pertama tabel bantu.
  • Tabel Referensi, merupakan tabel berisi data yang terdiri atas dua kolom atau lebih yang berisi Nilai yang Dicari tadi.
  • Nomor Kolom, merupakan nomor dari kolom di dalam Tabel Referensi yang datanya dicari.
  • Range Lookup, merupakan logika TRUE dan FALSE untuk mencari secara tepat data di dalam kolom tabel bantu.