Sepertinya semua orang memiliki mimpi untuk punya bisnis sendiri, hanya saja masih banyak yang bingung bagaimana merealisasikan mimpi tersebut. Uniknya saat bisnis berhasil dirintis tidak sedikit yang kemudian gugur di tengah jalan. Keberhasilan dalam berbisnis ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya saja adanya coach atau pembimbing.

Mengenal Peran Penting Seorang Coach di Dalam Bisnis

Pesan Bill Gates untuk Sukses Berbisnis

Memiliki coach atau pembimbing dalam menjalankan bisnis ternyata diakui oleh orang-orang yang sukses berbisnis memberi andil besar dalam pencapaian mereka. Salah satu sosok yang mengakui hal tersebut adalah Bill Gates yang diketahui sebagai salah satu sosok paling kaya di dunia.

Bill Gates bersama Microsoft mampu menghasilkan uang sampai jutaan setiap detiknya, sehingga dalam sehari sudah bisa mengantongi puluhan juta. Jauh sebelum keberhasilan ini diraih oleh Gates ada perjuangan panjang dan sulit. Melalui sebuah kesempatan Gates membeberkan beberapa rahasia kesuksesannya, dan salah satunya adalah memiliki coach.

Arti Penting Coach dalam Berbisnis

Menurut Yohanes G. Pauly yang juga seorang coach bisnis menuturkan bahwa peran penting coach adalah membimbing seseorang untuk berpindah dari titik kurang menguntungkan ke titik paling menguntungkan. Sehingga seorang coach akan membantu seseorang untuk berpindah dari kondisi bisnis yang buruk ke kondisi yang terbaik dan menguntungkan.

Coach bisnis kemudian memiliki peran sangat luas dalam membantu seseorang untuk sukses dengan bisnis yang ditekuninya. Menurut Pauly, seorang coach sebaiknya memiliki pemahaman mendalam mengenai bisnis. Selain itu juga perlu menjadi sosok yang tidak terjun langsung ke bisnis, apapun model bisnisnya.

Sehingga bisa memiliki sudut pandang yang berbeda selain di mata pebisnis, dan kondisi ini menguntungkan. Sebab coach tersebut akan melihat permasalahan seorang pebisnis dari kacamata orang awam. Sehingga bisa menemukan suatu titik yang menjadi kesalahan dari pebisnis tersebut dan membantu memberi solusi terbaik.

Sebab permasalahan pebisnis kadang kala tidak disadari dan baru akan disadari oleh seseorang yang tidak terjun ke bisnis itu secara langsung. Saran dan masukan dari coach akan sangat tepat dan ketika dieksekusi oleh pebisnis yang bersangkutan maka akan memperbesar peluang untuk sukses.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa coach memiliki peran krusial dalam perjalanan sukses sebuah bisnis. Sebab membantu menerapkan strategi yang tepat dan melakukan koreksi secara berkala untuk menghindari masalah yang semakin besar. Bisa pula membantu pebisnis untuk menentukan keputusan paling bijak dan paling menguntungkan untuk semua pihak ketika berada di masa sulit.

Coach dalam bisnis memang menjadi hal penting sekalipun banyak yang menilai peran yang diberikan tidak signifikan. Namun jika sudah pernah menjalankan bisnis tanpa coach kemudian gagal dan menjalankan bisnis berbeda dengan dampingan coach. Dijamin akan merasakan manfaat krusial yang disampaikan tadi. Oleh sebab itu pertimbangkan untuk memiliki coach saat merintis bisnis.