Perkembangan internet sangat pesat dari yang dulunya hanya digunakan untuk mengakses informasi. Kini bisa digunakan untuk mengais rezeki dimana jenis pekerjaan di internet semakin banyak dan kreatif.

Supaya bisa memanfaatkan internet untuk kebutuhan tertentu maka wajib terhubung ke jaringan internet. Salah satu cara untuk terhubung Anda bisa menggunakan ISP. Apa itu ISP?

Pengertian dari ISP

ISP kependekan dari Internet Service Provider dan merupakan sebuah produsen atau lembaga yang memberikan layanan kepada konsumen untuk bisa terhubung ke internet. Istilah sederhana dari penggunaan jasa lembaga dan perusahaan ini adalah memasang WiFi baik di rumah, sekolah, kantor, maupun yang lainnya.

Lewat layanan ISP maka para pelanggan bisa dengan mudah terhubung ke internet dan umumnya mendapatkan kuota dalam jumlah besar. Sehingga memberi kepuasan maksimal berselancar di dunia maya baik berkunjung ke banyak website, streaming video di Youtube, aktif di sosial media, dan sebagainya.

Berhubung ISP ini disediakan oleh perusahaan atau lembaga maka otomatis layanan yang disediakan sifatnya berbayar. Pengguna tentunya perlu membayar tagihan atas jasa yang mereka sediakan untuk memfasilitasi Anda terhubung ke internet selama 24 jam penuh.

Perangkat yang digunakan untuk proses penggunaan ISP ini biasanya dalam bentuk modem yang terhubung dengan kabel. Meskipun tampak sederhana namun ISP memungkinkan pengguna jasa perusahaan atau lembaga untuk mengakses internet secara maksimal. Tidak ada batasan geografis, dan akan bisa dinikmati secara penuh ketika tagihan dibayar rutin.

Fungsi ISP Secara Umum

Meskipun secara sederhana ISP memiliki fungsi sebagai penghubung pelanggan ke dunia maya. Namun fungsinya sendiri ternyata sangat kompleks, berikut beberapa diantaranya:

  • Membantu pengguna internet untuk mengakses berbagai situs termasuk mengunggah dan mengunduh dari website-website yang dikunjungi
  • Menyediakan sebuah layanan untuk membantu masyarakat luas bisa terhubung dengan internet
  • Menjadi penyedia tempat untuk homepage
  • Membantu menghubungkan pengguna internet ke gateway internet terdekat
  • Membantu menghubungkan pengguna internet untuk mengakses informasi apapun dari website WWW
  • Menjadi penyedia berbagai jenis perangkat modern untuk memudahkan pelanggan terhubung ke jaringan internet

Apabila merasa membutuhkan layanan ISP ini maka bisa menghubungi provider terdekat yang menyediakannya. Nantinya pihak perusahaan penyedia akan melakukan routing dan memberi akses untuk bisa terhubung ke internet lewat perangkat yang dipasang, seperti modem beserta kabel penghubungnya.

Contoh ISP di Indonesia

Meningkatnya penggunaan internet dari hari ke hari jasa ISP dari berbagai perusahaan dan lembaga semakin laris manis di pasaran. Apalagi semakin kesini biaya berlangganan internet ISP tersebut semakin terjangkau. Adapun contoh ISP di Indonesia yang bisa dipertimbangkan untuk dipilih antara lain adalah:

  • Indihome
  • IM2
  • Acces Service Dedicated to Internet
  • Centrin
  • Provider Seluler