Pada saat berbuka puasa maka sangat dianjurkan untuk memulai dengan suatu hal yang manis dan tidak langsung menyantap hidangan berat. Apabila mengacu pada konsep ini, maka begitu banyak pilihan menu yang dapat dijadikan santapan saat berbuka.

Selain menyantap makanan, ketika berbuka juga dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa gelas air. Salah satu jenis air yang sering diminum saat berbuka adalah Air Kelapa. Lantas adakah manfaat jika mengkonsumsi air kelapa di saat berbuka puasa?

Mengenal Manfaat Minum Air Kelapa Saat Berbuka Puasa

4 Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa Di Saat Berbuka

Air kelapa sejatinya merupakan air alami yang disediakan oleh alam dan memiliki berbagai khasiat yang baik bagi tubuh. Namun tentu saja, manfaat dari air kelapa akan didapat jika diminum dengan kadar yang tepat dan di waktu yang tepat. Salah satu waktu yang baik untuk minum air kelapa adalah ketika berbuka puasa. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat dari mengkonsumsi air kelapa saat berbuka.

1. Mengatasi Dehidrasi

Salah satu permasalahan yang umum terjadi saat berpuasa adalah dehidrasi (kekurangan cairan). Terlebih ketika puasa dilakukan di tengah cuaca yang panas, maka sudah pasti akan ada banyak cairan tubuh yang hilang. Cairan yang hilang itu dapat digantikan dengan cara mengonsumsi air kelapa di saat berbuka.

2. Baik untuk Kesehatan Ginjal

Ginjal sejatinya merupakan organ vital yang amat penting untuk dijaga kesehatannya. Ginjal akan membantu proses filtrasi yang berlangsung di dalam tubuh. Kesehatan ginjal ini dapat dijaga dengan cara mengonsumsi air kelapa. Pasalnya air kelapa memiliki kandungan kalium yang diketahui mampu mengatasi permasalahan batu ginjal.

3. Baik Bagi Orang yang Menderita Diabetes

Ketika menderita penyakit diabetes, maka sudah pasti akan sangat menghindari jenis makanan yang memiliki kadar gula tinggi. Sebab jenis makanan seperti itu dapat meningkatkan kadar gula darah, sehingga akan memperburuk diabetes yang diderita. Namun jika mengkonsumsi air kelapa, maka tidak perlu khawatir akan terjadi peningkatan kadar gula darah. Sebab kalori dalam air kelapa terbilang rendah, sehingga ramah bagi orang yang menderita diabetes.

4. Mendukung Sistem Pencernaan Tubuh

Segala jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh nantinya akan dicerna melalui sistem yang teratur. Semakin baik sistem pencernaannya, maka akan semakin sehat pula tubuh. Ketika Anda berbuka dengan air kelapa, maka sebetulnya Anda telah membantu sistem pencernaan tubuh. Sebab kandungan cairan dan serat di dalam air kelapa akan sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan tersebut.

Selain empat manfaat tadi, mengonsumsi air kelapa di saat berbuka juga baik bagi Anda yang sedang menjalani diet, membantu pengobatan darah tinggi, meredakan migrain, serta aman bagi ibu hamil. Agar mendapatkan khasiatnya, maka pilihlah kelapa dengan air terbaik. Selain itu, pastikan tidak berlebihan, sebab sesuatu yang berlebihan akan memiliki efek negatif bagi tubuh.