Ibadah puasa pada dasarnya merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh umat muslim. Ibadah ini tidak hanya bernilai pahala, namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat dari pelaksanaan ibadah puasa ini adalah baik bagi kesehatan jantung. Apakah Anda tidak yakin jika puasa dapat menjaga kesehatan jantung? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Manfaat Ibadah Puasa Bagi Kesehatan Jantung

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi Hingga Risiko dalam Darah

Sebagaimana diketahui bahwa ada berbagai faktor yang menyebabkan penyakit jantung. Puasa dapat menjadi salah satu kesempatan bagi kita untuk meminimalisir penyakit jantung dan tetap menjaga kesehatannya. Berikut ini beberapa manfaat dari pelaksanaan ibadah puasa yang dapat diketahui.

1. Mengurangi Tekanan Darah

Manfaat pertama yang dirasakan dari ibadah puasa adalah mengurangi tekanan darah. Tekanan darah yang berlebihan akan menyebabkan penyakit darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat disebabkan dengan aktivitas jantung yang memompa darah lebih keras dari keadaan normalnya, sehingga menyebabkan jantung kelelahan.

Selain itu, efek buruk dari tekanan darah yang berlebihan dan menyebabkan pembuluh darah pecah. Terkait dengan hal ini, maka puasa dapat mengurangi tekanan darah tinggi tersebut. Sebab ketika berpuasa ada kecenderungan penurunan tekanan darah, sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.

2. Mengontrol Hormon Homosistein

Manfaat kedua dari pelaksanaan ibadah puasa bagi jantung adalah mengontrol hormon homosistein. Sebagaimana diketahui bahwa tubuh kita memiliki berbagai macam jenis hormon dan harus dikontrol konsentrasinya. Sementara itu, homosistein diketahui merupakan jenis hormon yang meningkatkan risiko terserang penyakit jantung ketika kadarnya berlebihan. Ketika berpuasa maka ada penurunan kadar hormon tersebut di dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung.

3. Meminimalisir Risiko Penyakit Stroke

Manfaat ketiga yang juga tidak kalah menariknya adalah puasa dapat meminimalisir risiko penyakit stroke. Sebagaimana diketahui bahwa penyakit stroke dapat terjadi karena ada kara lemak berlebihan di dalam darah.

Kadar lemak tersebut menyebabkan penyumbatan dan penyempitan pada pembuluh darah. Hal inilah yang menjadi awal dari munculnya penyakit stroke. Sementara itu ketika berpuasa, maka ada kecenderungan penurunan kadar lemak darah yang menyebabkan penyakit stroke tersebut.

Berdasarkan penjelasan tadi maka memang dapat dipastikan bahwa ibadah puasa memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung. Melalui puasa kita dapat terhindar dari risiko penyakit jantung yang notabene merupakan salah satu penyakit mematikan saat ini.

Tentunya akan sangat rugi jika muslim mengabaikan kesempatan besar dalam melaksanakan ibadah puasa ini. Sebab sambil beribadah, muslim dapat menjaga kesehatan dirinya.

Agar puasa benar-benar dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung, maka laksanakan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya. Aturlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh serta waktu untuk mengkonsumsinya. Demikianlah, semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat bagi semuanya.