UPS, apakah Anda telah mengenal alat satu ini? UPS atau Uninterruptible Power Supply adalah sebuah alat yang dapat menstabilkan arus listrik atau daya yang masuk pada sebuah perangkat, misalnya komputer.

Alat ini lumrah digunakan untuk memastikan bahwa komputer mendapatkan supply daya yang cukup dan stabil. Agar lebih kenal, mari kita simak penjelasan seputar fungsi dari UPS pada komputer di bawah ini.

Mengenal Fungsi UPS Pada Komputer

Fungsi UPS; Stabilitas Daya dan Membantu Backup Data

Pada dasarnya ada dua jenis power supply yang umum digunakan pada peralatan elektronik, yaitu UPS dan PSU. Keduanya dikenal memiliki kemampuan untuk menstabilkan daya pada saat menggunakan alat elektronik, seperti komputer.

Hanya memang UPS memiliki keunggulan karena dapat menyimpan daya (sementara), sehingga dapat berperan penting pada saat listrik padam. Lalu bagaimana sebenarnya fungsi dari UPS ini?

Setidaknya ada dua fungsi utama dari Uninterruptible Power Supply (UPS). Pertama, alat ini dapat membantu menstabilkan daya listrik yang masuk ke dalam komputer, sehingga komputer dapat beroperasi dengan baik.

Sebagaimana kita ketahui terkadang di sejumlah daerah arus listrik mengalir secara tidak stabil. Tentunya hal ini tidak boleh dianggap sepele, karena dapat memberikan dampak kerusakan pada perangkat elektronik.

Namun saat menggunakan UPS hal itu dapat dihindari, sebab UPS memiliki fungsi untuk menstabilkan arus listrik tersebut.

Fungsi kedua dari UPS adalah membantu kita untuk melakukan backup data. Bagi Anda yang memang bekerja dengan menggunakan komputer, maka backup data merupakan permasalahan yang urgen.

Sebab sistem backup data tersebut dapat membantu kita untuk menyimpan data dalam keadaan genting dan memperolehnya kembali di lain waktu.

Terkait dengan backup data tersebut, UPS dapat mendukung sistemnya. Mengapa? Sebab alat ini memiliki kemampuan untuk menyimpan daya ketika terjadi pemadaman listrik.

Walaupun hanya sementara, daya yang ada pada UPS dapat digunakan untuk menyimpan data yang sedang diolah dan bahkan melakukan backup data. Fungsi ini juga akan semakin berguna jika komputer berada dalam suatu sistem server.

Jadi, dapat dipahami bahwa Uninterruptible Power Supply memiliki dua fungsi bagi komputer;

  • Pertama, UPS membantu menstabilkan daya yang digunakan komputer.
  • Kedua, UPS juga dapat membantu user untuk melakukan penyimpanan data pada saat listrik padam. Lantas kapan alat ini sebaiknya digunakan?

UPS (Uninterruptible Power Supply) sangat disarankan bagi Anda yang memang bekerja menggunakan komputer, seperti editing video, desain grafis, hingga berkutak dengan pembuatan laporan.

Penggunaan UPS ini semakin diperlukan jika memang di daerah Anda masih memiliki arus listrik yang tidak stabil dan sering mengalami pemadaman listrik.

Sehingga dengan adanya UPS ini maka pekerjaan Anda akan dapat terbantu terselesaikan dengan aman. Demikianlah, semoga informasi seputar fungsi dari UPS ini dapat menambah wawasan kita semua.