Kabel HDMI, pernahkah Anda mendengar istilah satu ini? Kabel HDMI pada dasarnya merupakan salah satu komponen dalam perangkat komputer. Kabel ini digunakan sebagai penghubung antara sumber masukan ke perangkat penerimanya. Pada dunia komputer maupun elektronik, kabel ini pun dikenal pula dengan istilah kabel fleksibel. Agar lebih jelas tentang kabel HDMI ini, coba simak beberapa fungsinya yang akan dijabarkan berikut ini.

Mengenal Fungsi Kabel HDMI dan Keunggulannya

Fungsi Kabel HDMI yang Perlu Diketahui

HDMI pada dasarnya merupakan singkatan dari High Definition Multimedia Interface. Umumnya kabel ini akan diperlukan sebagai komponen penghubung pada perangkat multimedia (visual maupun audio). Berdasarkan catatan sejarahnya, kabel ini pun mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Tercatat kabel HDMI dengan versi 1.0 diluncurkan pertama kali pada tahun 2002. Kabel ini telah mampu melakukan pemutaran video dengan level 165 mp setiap detiknya.

Pada perkembangannya produk kabel HDMI ini juga mengalami berbagai inovasi dan pembaharuan. Sehingga kabel tersebut mampu dengan maksimal menjalankan fungsi sebagai penghubung antara sumber informasi (masukkan) ke perangkat penerima. Salah satu contoh konkrit dari fungsi kabel ini adalah ketika Anda ingin memutarkan suatu video menggunakan proyektor. Maka Anda akan membutuhkan komputer atau laptop sebagai sumber masukkan dan kabel HDMI sebagai penghubung ke proyektor.

3 Keunggulan Kabel HDMI

Setelah Anda mengetahui fungsinya, selanjutnya Anda pun harus tahu keunggulan dari produk kabel satu ini. Paling tidak ada tiga keunggulan yang dimiliki oleh kebal HDM dan wajib untuk Anda ketahui. Apa saja keunggulannya?

1. Praktis dalam Penggunaan

Keunggulan pertama dari kabel HDMI adalah praktis pada saat digunakan. Kabel HDMI merupakan jenis kabel yang bersifat tunggal. Hal ini berarti Anda hanya perlu melakukan setting 1 kabel, setelah itu dapat menikmati hasilnya.

2. Tidak Melakukan Kompresi Data

Perlu Anda ketahui bahwa ada beragam jenis kabel penghubung pada perangkat komputer, salah satunya adalah kabel HDMI. Kabel ini dianggap lebih baik kualitasnya dalam menampilkan video maupun audio. Kabel HDMI tidak akan melakukan kompresi terhadap data yang ingin ditransmisikan, sebab data tersebut diproses secara digital.

3. Lebih Unggul dari Sisi Kecepatan Transmisi Data

Keunggulan ketiga dari kabel ini adalah kecepatan transmisi data yang dimilikinya. Kabel HDMI diketahui lebih cepat dalam melakukan transmisi data. Kecepatan yang dimilikinya bahkan mencapai 5GB setiap detik. Dengan begitu, maka hasil yang ditampilkan pun akan jauh lebih baik dari jenis kabel lainnya.

Bagaimana sudah jelas bukan fungsi serta keunggulan dari kabel HDMI? Apakah Anda berminat untuk menggunakannya? Jika iya, maka kabel HDMI ini dapat Anda temukan di toko-toko elektronik maupun toko komputer. Usahakan untuk memeriksa terlebih dahulu kondisi kabel sebelum Anda melakukan pembayaran.