RAM barangkali kata ini cukup familiar kita dengar, khususnya ketika bergelut dengan gadget, baik berupa laptop, komputer maupun handphone.

RAM atau Random Access Memory merupakan sarana penyimpanan data yang sifatnya sementara pada saat perangkat sedang digunakan. Jadi, sifat penyimpanan datanya tidak permanen seperti halnya pada memory card. Agar lebih jelas mari kita kenali jenis-jenis RAM berikut ini.

Mengenal Fungsi dan Jenis-Jenis RAM

5 Jenis RAM (Random Access Memory) yang Perlu Diketahui

Pada dasarnya RAM memiliki fungsi yang vital dalam sebuah perangkat, baik handphone maupun komputer. Hal itu dikarenakan fungsinya sebagai tempat penyimpanan sementara memiliki kinerja yang sangat penting yang dapat mempengaruhi kinerja perangkat itu sendiri.

Alhasil semakin baik kapasitas RAM tersebut, maka akan semakin baik pula kinerja dari perangkatnya. Lalu apa saja jenis-jenis RAM yang ada saat ini?

1. RDRAM

RDRAM atau Rambus Dynamic Random Access Memory merupakan jenis RAM yang diperkenalkan tahun 1995 dan memiliki 600 Mbps.

Pada perkembangan berikutnya jenis RAM ini mengalami perkembangan dari sisi akselerasinya hingga mencapai 1,6 GBps pada tahun 1998. Pada pengaplikasiannya RDRAM dipasang pada perangkat komputer dengan prosesor jenis Pentium 4 yang biasa diperuntukan bagi aktivitas bermain game.

2. DRAM

Jenis RAM berikutnya adalah DRAM atau Dynamic Random Access Memory. DRAM merupakan jenis RAM yang sifatnya semi konduktor yang pada proses memerlukan kapasitor.

Jenis RAM ini memiliki frekuensi antara 4,7 hingga 40 Mhz. Sementara itu, perihal kecepatannya digadang-gadang lebih tinggi dengan jenis EDO RAM akan tetapi lebih rendah dari SRAM.

3. EDORAM

EDORAM atau Extended Data Out Random Access Memory merupakan jenis RAM yang diketahui berkembang pada tahun 1995. RAM ini memiliki slot memori sebanyak 72 pin dan juga memiliki kecepatan hingga 66 Mhz.

Melihat bahwa RAM satu ini memiliki desain yang lebih panjang dari jenis RAM SIMM, maka cenderung dianggap cocok untuk digunakan pada semua jenis komputer pentium.

4. SDRAM

Cukup berbeda dari jenis RAM lainnya, SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory) memiliki akselerasi yang sangat tinggi di tahunnya, yaitu 100 hingga 133 Mhz.

Jenis RAM ini cukup familiar dipakai pada kisaran tahun 1996 sampai 2003. Biasanya SDRAM akan dipasang pada motherboard dan dapat mengakomodir data dari 16 Mb sampai 1 GB.

5. Flash RAM

Jenis RAM berikutnya dikenal dengan sebutan Flash RAM. Jenis satu ini terbilang dalam kategori rendah. Umumnya digunakan pada berbagai perangkat elektronik, seperti handphone lama dan TV.

Demikianlah fungsi dan jenis-jenis RAM yang dapat diketahui. Tentunya pengetahuan tentang RAM ini penting untuk dipelajari agar dapat memilih jenis RAM untuk perangkat yang tepat, sehingga perangkat dapat berfungsi dengan optimal.