Internet perlu diakui menghadirkan sejuta kemudahan bagi pelaku bisnis untuk menjalankan bisnisnya dengan maksimal. Melalui berbagai aplikasi, baik berupa media sosial maupun pesan instan. Pebisnis mampu mengelola bisnisnya dengan lebih mudah, realtime, dan tentunya profesional.

Memahami vitalnya aplikasi pesan instan dalam menunjang kegiatan bisnis membuat WhatsApp mengembangkan aplikasi WhatsApp Business. Aplikasi WhatsApp ini secara khusus ditujukan untuk keperluan bisnis yang memiliki beberapa keunggulan dibanding WhatsApp konvensional. Salah satunya mampu menampilkan profil secara profesional dan juga menyimpan kontak dalam jumlah lebih banyak.

Membuat Akun di Aplikasi WhatsApp Business

Cara Membuat Akun di WhatsApp Business

Namun, bagaimana cara menggunakan atau membuat akun di WhatsApp khusus bisnis ini? Simak dulu penjelasan berikut:

1. Instal Aplikasinya Terlebih Dahulu

Langkah pertama untuk membuat akun di WhatsApp Business tentu saja menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Cara instalnya sama dengan aplikasi lainnya yakni mencarinya di PlayStore maupun AppStore untuk Anda yang menggunakan iPhone. Ketik nama aplikasinya, dan ketika ketemu Anda bisa langsung melakukan instalasi.

2. Daftarkan Nomor Bisnis

Setelah proses instalasi selesai maka Anda bisa mendaftar nomor kontak bisnis yang dimiliki. Cara pendaftarannya pun sama persis dengan WhatsApp bisa, yakni dengan membuka aplikasinya. Tampilan layar akan langsung meminta proses registrasi ataupun login jika sudah mendaftar sebelumnya.

Pastikan untuk menggunakan nomor yang memang ditujukan khusus untuk keperluan bisnis. Biasanya memilih nomor yang cantik supaya kedepannya mudah diingat oleh konsumen.

3. Atur Profil agar Terlihat Profesional

Langkah berikutnya adalah mengatur profil agar tampil lebih profesional dan meyakinkan. Masuk ke menu setting dan pilih menu profile untuk mulai melakukan sedikit pengaturan. Mulai dari menambahkan nama profil bisnis, detail kontak, alamat bisnis, dan lain sebagainya.

Semakin detail informasi yang dicantumkan di profil akan semakin mudah mendapatkan kepercayaan publik. Apalagi WhatsApp bisa dihubungkan ke sosial media, website, dan lain sebagainya. Sehingga profil WhatsApp pun penting untuk diatur supaya terlihat profesional dan kredibel.

4. Memaksimalkan Fitur Business Setting

Setelah pengaturan di profil selesai maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan di menu Business Setting. Masuk ke menu setting dan cari menu business setelahnya. Nantinya akan tersedia beberapa pilihan fitur, yang tentunya bisa digunakan beberapa atau salah satu saja.

Misalnya saja menggunakan fitur penjawab otomatis untuk setiap pesan yang masuk, sehingga terkesan profesional. Pesan ini bisa diatur otomatis jika Anda sudah menggunakan WhatsApp Business. Sehingga bisa tetap memberikan layanan dan merespon chat yang masuk kapan saja dan dimana saja.

WhatsApp Business menjadi angin segar bagi pebisnis yang memanfaatkan aplikasi pesan instan bertajuk WhatsApp ini. Sebab bisa menikmati berbagai fitur yang mampu menunjang proses branding lewat aplikasi pesan instan. Agar bisa menggunakan WhatsApp Business dengan baik, maka bisa mempelajari cara pembuatan akunnya terlebih dahulu.