Barangkali istilah R&D masih terbilang baru untuk sebagian orang. Ketika Anda memiliki ketertarikan dengan penelitian, maka Anda akan bertemu dengan R&D.

R&D atau Research and Development merupakan salah satu bentuk metode penelitian untuk mencari solusi atau sebuah permasalahan. Metode ini pun cukup banyak digunakan oleh para peneliti.

Lalu apa bedanya R&D ini dengan metode penelitian lainnya? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Memahami yang Dimaksud dengan R&D

5 Menit Mengenal R&D dan Penerapannya

Sebagaimana telah dikatakan di awal tadi bahwa R&D merupakan salah satu bentuk metode penelitian. Jika dalam bahasa Indonesia, metode ini dikenal pula dengan istilah penelitian dan pengembangan.

Umumnya metode penelitian satu ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk tertentu berdasarkan kebutuhan atas permasalahan yang dihadapi.

Topik mengenai penelitian dan pengembangan sendiri cukup santer diperbincangkan ketika salah seorang founder marketplace yang mengatakan bahwa dana untuk penelitian ini masih terbilang minim di Indonesia. Walaupun demikian, sebenarnya metode penelitian ini telah cukup lama dikenal dan diterapkan dalam penelitian.

Pada penerapannya metode penelitian ini sering digunakan dalam penelitian di perguruan tinggi dan juga pada perusahaan. Pada perguruan tinggi biasanya R&D digunakan untuk menghasilkan produk berupa buku, bahan ajar, LKS, dan lain sebagainya.

Sementara pada penerapan di perusahaan metode digunakan dalam rangka pengembangan perusahaan itu sendiri. Jika melihat fakta ini, maka R&D memiliki fungsi yang cukup penting dalam penelitian sebagai upaya untuk menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi.

Jika digali lebih dalam, maka dalam metode penelitian dan pengembangan ini, Anda akan menemukan berbagai hal menarik. Di antaranya adalah adanya beragam model R&D yang dapat digunakan.

Misalnya model pengembangan plomp dan model pengembangan Sugiyono. Kemudian, Anda juga akan menemukan beberapa tahapan validasi dan pengujian dalam menghasilkan produk, sehingga pada akhirnya produk yang dihasilkan benar-benar dapat bermanfaat.

Selain dari dua hal tadi, pada metode penelitian R&D biasanya juga akan melibatkan sejumlah ahli. Mereka yang dianggap memiliki kompetensi di bidangnya akan diminta untuk memberikan penilaian terhadap produk yang dihasilkan. Hal inilah pula yang juga dapat menjadi poin pembeda antara R&D dan metode penelitian lainnya.

Dewasa ini R&D terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Salah satunya dapat dilihat dari sisi penggunaannya di perusahaan. Banyak diantara perusahaan yang berkembangan menggunakan metode ini untuk melakukan ekspansi.

Hal ini dibuktikan dengan hadirnya sejumlah perusahaan besar dalam memberikan dana bagi perkembangan R&D, seperti Amazon, Samsung, Intel, Apple, hingga Microsoft.

Hal itu terjadi dikarenakan mereka menyadari bahwa R&D memiliki fungsi yang amat penting dalam mengembangkan perusahaan. Bahkan mengingat fungsi yang dimiliki oleh R&D, maka salah satu pendapat menyebutkan bahwa R&D merupakan tolak ukur kemajuan dari suatu negara.