PSU dan UPS barangkali menjadi alat yang cukup banyak digunakan dalam bidang komputer. Kedua alat ini dibutuhkan untuk mendukung kinerja perangkat komputer tersebut. PSU atau Power Suply Unit memiliki peranan sebagai penyeimbang arus listrik yang masuk kepada perangkat komputer.

Sementara UPS atau Uninterruptible Power Supply juga memiliki fungsi yang sama hanya saja unit ini juga dapat menyimpan daya yang bersifat sementara. Agar lebih faham, mari kita kenali perbedaan dari UPS dan PSU di bawah ini.

Memahami Perbedaan PSU dan UPS

3 Hal yang Membedakan Antara PSU dan UPS

Sebagaimana telah disampaikan di awal tadi bahwa baik PSU dan UPS merupakan jenis alat yang akrab digunakan pada perangkat komputer. Hanya saja kedua alat ini memiliki beberapa perbedaan. Apa saja perbedaannya?

1. Perbedaan Fungsi

Perbedaan pertama dapat dilihat dari sisi fungsi masing-masing alat tersebut. Power Supply Unit (PSU) memiliki fungsi menjaga stabilitas arus listrik pada saat komputer digunakan.

Hal ini penting sebab membuat kinerja dari komputer menjadi lebih baik. Hal serupa juga dimiliki oleh UPS, namun alat ini memiliki keunggulan karena dapat menyimpan daya walau hanya sementara.

2. Keuntungan Penggunaan

Perbedaan kedua dari UPS dan PSU adalah terletak pada saat digunakan. Sebagaimana diketahui Uninterruptible Power Supply (UPS) memiliki kemampuan untuk menyimpan daya.

Tentunya hal ini memberikan keuntungan pada saat digunakan. Sebab ketika terjadi pemadaman listrik, maka komputer tidak langsung mati, sehingga data yang sedang dikerjakan dapat segera disimpan.

Hal ini tentunya tidak akan ditemukan pada saat menggunakan PSU. Sebab alat tersebut tidak memiliki kapasitas untuk menyimpan daya seperti halnya UPS.

3. Faktor Harga

Perbedaan ketiga juga dapat dilihat dari sisi harga yang ada di pasaran. Mengingat adanya perbedaan fungsi yang cukup signifikan dari masing-masing alat tersebut, maka hal itu juga membuat adanya perbedaan harga dari keduanya.

Diketahui bahwa PSU memiliki harga yang lebih murah dibandingkan UPS. Harga tersebut juga dapat dipengaruhi lagi oleh besar daya dan jenis merk dari masing-masing alat.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka setidaknya ada 3 hal yang membedakan antara PSU dan UPS, yaitu perbedaan fungsi, keuntungan saat digunakan, dan perbedaan harga jualnya. Lantas manakah yang cocok untuk digunakan pada perangkat?

Perihal kecocokan penggunaan dari kedua alat tersebut tergantung dari keinginan dan pertimbanga konsumen. Jika memang memerlukan sistem back up yang memadai, maka ada baiknya menggunakan Uninterruptible Power Supply (UPS).

Sebab alat ini dapat memberikan kesempatan kita untuk menyimpan data ketika memang terjadi pemadaman listrik pada saat bekerja dengan komputer. Agar dapat merasakan manfaat dari masing-masing alat ini, maka sebaiknya gunakanlah produk PSU maupun UPS yang memang telah teruji.