Sedang mempelajari komputer, baik untuk jaringan maupun untuk perangkat kerasnya? Maka penting sekali untuk memahami apa itu hardware, software, dan tentunya juga brainware. Ketiganya merupakan istilah yang jamak digunakan dalam dunia komputer, maka pahami dulu teorinya agar prakteknya lebih mudah.

Memahami Lebih Dalam Tentang Software, Hardware, dan Brainware

Memahami Hardware, Software, dan Brainware

Baik hardware, software, maupun brainware masuk ke dalam komponen utama dari perangkat komputer. Berikut definisi secara detail dari ketiga istilah tersebut:

1. Hardware

Istilah hardware sering pula disebut sebagai perangkat keras karena merupakan komponen dari perangkat komputer yang bisa dilihat dan diraba fisiknya. Fungsi utama dari komponen hardware ini adalah untuk mendukung kinerja komputer.

Tanpa hardware maka perangkat komputer akan sulit untuk digunakan, dan terdiri atas beberapa komponen yang saling berhubungan satu sama lain. Berikut contoh-contohnya:

  • CPU atau Central Processing Unit yang berisi rangkaian sirkuit yang nantinya akan memproses berbagai instruksi yang diinginkan user atau pengguna. sekaligus berfungsi untuk menyimpan data di perangkat komputer.
  • Monitor, merupakan hardware untuk menampilkan output yakni menampilkan hasil kerja dari CPU agar bisa dibaca oleh user.
  • Keyboard, merupakan komponen input yang digunakan oleh user untuk mengetikan perintah tertentu yang diinginkan.
  • Mouse, merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dan bergerak dalam bentuk kursor di layar monitor.

2. Software

Software atau perangkat lunak adalah komponen di dalam komputer yang terdiri dari kumpulan data elektronik sehingga tidak memiliki fisik yang bisa disentuh. Namun kinerja dari software ini bisa dilihat, karena bisa dalam bentuk program atau aplikasi di komputer yang bisa digunakan untuk keperluan tertentu.

Misalnya saja aplikasi Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung laporan penjualan maupun laporan jenis lainnya. Adapun jenis dari software ini sangat beragam dan berikut adalah contoh-contohnya:

  • Software sistem, berisi tiga komponen yakni sistem operasi, program buntu, dan juga bahasa pemrograman.
  • Software aplikasi, merupakan software yang digunakan untuk melakukan berbagai tugas perkantoran. Seperti lembar kerja, presentasi, pengolah kata, dan lain-lain.

3. Brainware

Mungkin istilah brainware tidak sefamiliar istilah software maupun hardware, namun termasuk ke dalam komponen penting dari penggunaan perangkat komputer. Pada dasarnya istilah brainware ditujukan kepada user atau pengguna komputer yakni manusia yang mengoperasikan komputer.

Disebut sebagai komponen penting karena tanpa pengguna (user) maka perangkat komputer tidak akan bekerja dan berguna.

Komputer memerlukan user untuk melakukan perintah dan kemudian diproses oleh CPU dan ditampilkan melalui monitor. Proses pengolahan data dengan komputer akan berjalan baik ketika user paham bagaimana mengirimkan perintah ke perangkat satu ini.

Setiap komponen memiliki fungsinya sendiri-sendiri, dan tentunya perangkat komputer tidak akan berfungsi dengan baik tanpa ketiga komponen di atas.