Modal pada dasarnya menjadi hal utama yang harus dimiliki ketika ingin mulai merintis suatu usaha. Jika melihat perkembangan saat ini, maka mendapatkan pinjaman modal untuk usaha cukup mudah dilakukan. Diantaranya dapat dilakukan dengan mengajukan pinjaman ke bank. Apakah Anda juga berniat untuk melakukannya? Tunggu dulu jangan terburu-buru, mari simak penjelasan tentang syarat-syarat yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman tersebut.

4 Syarat Mengajukan Pinjaman di Bank

4 Syarat Mengajukan Pinjaman di Bank

Pada dasarnya bank memiliki sistem atau prosedur yang baku dalam melayani nasabahnya, termasuk untuk urusan pinjaman ini. Secara umum ada empat syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah yang ingin melakukan pinjaman di bank. Berikut empat syarat yang dimaksud.

1. Membawa Salinan KTP atau Kartu Identitas Lainnya

Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah membawa salinan KTP atau kartu identitas lainnya seperti SIM dan Paspor. Kartu ini akan diperlukan untuk mengetahui identitas dari nasabah, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, serta alamat. Pastikan juga Anda membawa dokumen aslinya sebagai bentuk antisipasi jika diperlukan verifikasi data.

2. Membawa Salinan KK (Kartu Keluarga)

Syarat selanjutnya yang dibutuhkan adalah membawa salinan kartu keluarga. Sama seperti KTP tadi, KK juga diperlukan untuk memverifikasi data calon peminjam. Pihak bank akan memastikan betul apakah benar data yang diajukan tidak. Selain KK, pihak bank juga akan meminta salinan dari akta nikah. Tentunya hal ini diberlakukan bagi mereka yang memang telah sah berkeluarga.

3. Melampirkan Salinan Buku Tabungan

Syarat yang ketiga adalah melampirkan salinan buku tabungan. Salinan yang diperlukan adalah informasi tentang tabungan terakhir yang dimiliki oleh nasabah. Hal ini pun menjadi tolak ukur bagi bank untuk menyetujui pengajuan pinjaman tersebut atau tidak. Pastikan bahwa Anda tidak salah memberikan buku tabungan.

4. Mengisi Formulir dengan Benar

Biasanya setiap proses pengajuan pinjaman kepada bank, maka customer service bank akan memberikan selembar formulir. Isilah formulir tersebut dengan baik dan benar. Pastikan semua data yang tulis sesuai dengan data asli pada kartu identitas Anda. Jika memang ada kebingungan, maka jangan sungkan untuk bertanya kepada customer service. Setelah selesai mengisi, segera kembalikan kepada customer service bank.

Biasanya empat syarat di atas menjadi hal umum yang dijumpai ketika ingin melakukan pinjaman di bank. Setelah mengajukan pinjaman, biasanya pihak bank memerlukan waktu untuk memverifikasi data serta mendapatkan persetujuan dari atasan. Jika memang telah disetujui, maka pihak bank akan segera memberitahukan kepada Anda.

Apabila telah berhasil mendapatkan pinjaman, maka jangan lupa untuk mencicilnya kembali. Pastikan cicilan dibayar tepat waktu, sebab jika terlambat ada bunga yang akan dikenakan. Penting pula bagi Anda untuk memaksimalkan penggunaan modal guna merintis usaha yang direncanakan. Jangan sampai modal yang didapat justru digunakan hal lain di luar dari perencanaan sebelumnya.