Kartu prakerja merupakan salah satu program pemerintah yang dibuat guna mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Hanya saja karena pandemi covid-19, kegiatan sosial dan ekonomi terkena imbas yang lebih parah membuat presiden mempercepat pengadaan kartu prakerja.

Percepatan realisasi program kartu prakerja dilakukan untuk mengatasi berbagai persoalan yang berkaitan dengan tenaga kerja seperti PHK yang terjadi dimana-mana akibat dari pandemi yang mewabah di Indonesia.

Peserta yang ingin mendapatkan kartu prakerja harus mendaftar dan lolos terlebih dahulu baru kemudian menerima sejumlah uang selama menjalani masa program. Jika ditotalkan, uang yang didapatkan peserta prakerja adalah sebesar Rp. 3.550.000.

Manfaat dan Syarat Mendapatkan Kartu Prakerja Indonesia

Manfaat dan Syarat Kartu Prakerja

Pemerintah berharap, dengan keluarnya kartu prakerja 2020 lebih awal, maka perekonomian di Indonesia dapat terbantu. Karena kartu ini akan memberikan beberapa manfaat seperti:

  • Biaya pelatihan yang lebih ringan sebab ditanggung pihak pekerja dan perusahaan.
  • Mengurangi biaya saat calon pekerja mencari informasi terkait pelatihan
  • Mengurangi mismatch supaya kebekerjaan dapat terdorong
  • Menjadikan komplemen yang merupakan pendidikan formal.

Jika ingin mendapatkan kartu prakerja dan memperoleh beberapa manfaat seperti yang sudah disebutkan di atas, maka Anda harus bisa memenuhi beberapa syarat mendaftar program kartu prakerja. Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Program kartu prakerja merupakan program pelatihan yang pembiayaannya dikeluarkan oleh pemerintah.
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan KTP atau Kartu Tanpa Penduduk
  3. Usia yang diperbolehkan untuk mengikuti pelatihan prakerja adalah 18 tahun ke atas atau sudah tidak bersekolah atau kuliah. Jadi misalnya nanti Anda sudah berusia 18 tahun tapi masih sekolah atau tengah menempuh pendidikan di perguruan tinggi, maka Anda tidak bisa mendaftar prakerja.
  4. Setelah pelatihan diselesaikan, Anda akan mendapatkan insentif yang akan dikeluarkan di tiap bulannya. Untuk total prakerja sendiri cukup besar yakni R\p.3.550.000 yang terdiri dari biaya pelatihan Rp 1.000.000. insentif setelah pelatihan Rp 600.000 tiap bulan selama 4 bulan, dan insentif survey kebekerjaan yang totalnya Rp.150.000.
  5. Untuk mendapatkan informasi lengkap terkait syarat dan ketentuan, Anda bisa cek di https://www.prakerja.go.id/syarat-ketentuan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi terkait cara daftar kartu prakerja dari website resmi prakerja.

Selain itu, pemerintah juga sudah bekerja sama dengan beberapa mitra untuk program kartu prakerja ini seperti Tokopedia, Pintaria, Skill Akademi, Kemenaker, Bukalapak dan masih banyak lagi.

Jadi ada banyak sekali pilihan untuk Anda yang sudah mendaftar dan lolos kartu prakerja supaya skill Anda meningkat dan Anda pun akan lebih siap lagi saat akan terjun ke dunia kerja. Jadi Anda harus manfaatkan program pelatihan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia ini sebaik mungkin.