Umumnya, meteran listrik yang ada di rumah-rumah saat ini terbagi ke dalam dua kelompok yakni listrik prabayar dan pascabayar. Umumnya meteran listrik lama akan menggunakan pascabayar dimana kita akan menggunakannya terlebih dahulu baru kemudian membayar tagihannya.

Jika tidak menggunakannya sama sekali, tetap saja ada biaya bulanan yang besarnya akan tergantung pada pada yang dipasang di rumah kita.

Selanjutnya ada meteran listrik prabayar yang digunakan oleh para pengguna baru. Meteran ini memakai token listrik yang perlu dibeli dulu baru kemudian bisa memakai daya dari PLN.

Baca Juga: Cara Menghemat Token Listrik Daya 1300

Jika dilihat dari fisiknya, tentu kedua meteran ini akan sangat mudah dikenali. Dan umumnya, meteran listrik dengan jenis prabayar punya tombol mulai dari 0 hingga 9 dan ada dua tanda panah.

Daftar Kode Tersembunyi Meteran Listrik Prabayar

Biasanya tombol-tombol tersebut akan digunakan untuk memasukkan pulsa listrik yang sudah dibeli. Tapi apakah Anda tahu jika meteran listrik prabayar ternyata punya kode rahasia?

Dengan tombol-tombol yang ada di meteran, Anda akan tahu banyak hal seperti jumlah kwh, kode voucher pulsa terakhir yang digunakan, melihat id meter pln, memeriksa berapa sisa kwh bahkan mematikan bunyi alarm yang ada pada meteran listrik tersebut.

Jika Anda belum mengetahui hal ini, Anda bisa simak dulu kumpulan kode yang tersembunyi di meteran listrik prabayar.

Baca Juga: Cara Melakukan Pengisian Ulang Token Pulsa Listrik Prabayar

Daftar Kode Tersembunyi pada Listrik Meteran Prabayar

Meteran listrik prabayar memiliki berbagai merk dan model. Setiap merek punya fiturnya dan kode yang berbeda sedikit juga. Jadi apabila Anda ingin menggunakan kode tersembunyi di meteran prabayar, maka Anda bisa sesuaikan dengan tulisan yang ada pada meteran prabayar Anda nanti.

  • 01 adalah kode yang digunakan untuk menampilkan kumulatif dari pemakaian kwh
  • 02 adalah kode yang digunakan untuk menunjukkan jumlah daya maksimum yang digunakan dalam periode berjalan
  • 03 adalah kode yang akan menampilkan tanggal, jam hingga menit pada saat daya maksimum dalam bulan berjalan sudah tercapai
  • 04 adalah kode yang digunakan untuk menunjukkan tegangan yang terukur
  • 05 adalah kode yang digunakan untuk menunjukkan arus listrik atau ampere
  • 06 adalah kode yang digunakan untuk menampilkan angka kumulatif dari pembelian kwh selama ini
  • 07 adalah kode yang digunakan untuk menampilkan kumulatif kwh yang tersisa saat ini
  • 08 adalah kode yang digunakan untuk memperkirakan kapan daya akan habis
  • 12 adalah kode yang digunakan untuk menunjukkan angka ambang dari batas daya yang tersisa

Dan masih banyak lagi daftar kode tersembunyi lainnya yang bisa Anda temukan dengan mudah di internet. Jadi jika Anda ingin memeriksa meteran listrik di rumah, Anda bisa gunakan daftar kode tersebut.