LED dan LCD barangkali menjadi dua istilah yang telah umum dikenal. Terlebih di era sekarang yang notabene memang banyak menghasilkan produk dengan dua bentuk teknologi tersebut. Pada dasarnya baik LED maupun LCD, keduanya merupakan bentuk dari kemajuan teknologi di bidang produk elektronik dan komputer. Namun demikian keduanya pun memiliki sejumlah perbedaan. Apa saja perbedaannya? Simak ulasannya di bawah ini.

LED dan LCD, Apa Bedanya

6 Perbedaan LED dan LCD

LED atau Light Emitting Diode dan LCD atau Liquid Crystal Display termasuk dua istilah yang cukup akrab didengar dalam keseharian. Baik LED maupun LCD, keduanya merupakan bentuk teknologi dalam bidang layar pada produk elektronik, seperti TV dan komputer. Lantas apa yang membedakan keduanya?

1. Perbedaan Kualitas Warna

Perbedaan pertama dari LED dan LCD dapat dilihat pada aspek kualitas warna yang dihasilkan. LED diketahui memiliki kualitas warna yang lebih baik dibandingkan dengan LCD. Hal ini dapat Anda lihat pada produk elektronik yang menggunakan LCD tipe RGB.

2. Perbedaan pada Penggunaan Daya

Perbedaan kedua dari dua teknologi layar ini adalah penggunaan dayanya. Berdasarkan alasannya, produk elektronik yang menggunakan teknologi LCD diketahui lebih hemat dalam hal penggunaan daya. Hal ini disebabkan adanya perangkat filamen plasma yang hanya membutuhkan sedikit daya.

3. Perbedaan Kontras

Aspek ketiga yang menjadi perbedaan antara LED dan LCD adalah kualitas kontras yang dihasilkan. Berdasarkan alasannya, para pengamat menilai bahwa teknologi LED dinilai memiliki kualitas kontras yang lebih baik dari teknologi LCD. Tidak hanya kontras, LED pun unggul dari sisi tingkat kehitaman layar.

4. Perbedaan Dampak pada Lingkungan

Perbedaan keempat yang juga tidak kalah menariknya adalah dampak teknologi tersebut terhadap lingkungan. Salah satu penyebab kerusakan yang terjadi di lingkungan adalah penggunaan zat merkuri. Teknologi LCD dianggap memiliki potensi lebih membahayakan lingkungan, sebab ada penggunaan zat merkuri di dalamnya.

5. Perbedaan Resolusi

Kelima, perbedaan pada LED dan LCD juga dapat dilihat pada aspek resolusi. Secara harfiah resolusi adalah total pixel yang ada dalam tampilan layar. Jika resolusi tinggi, maka kualitas tampilan layar pun akan semakin baik. Terkait dengan hal ini, LED diketahui memiliki resolusi yang lebih baik dibandingkan LCD.

6. Perbedaan Harga

Keenam, LED dan LCD juga memiliki perbedaan dari sisi harga yang ada di pasaran. Produk elektronik yang menggunakan teknologi LED diketahui memiliki harga yang lebih jika dibandingkan dengan produk yang menggunakan LCD. Hal ini tentunya dipengaruhi pula oleh faktor kualitas dari produk tersebut.

Demikianlah sobat beberapa perbedaan antara LED dan LCD yang dapat diketahui. Semoga informasi ini dapat menjadi bekal bagi Anda, khususnya ketika Anda akan membeli produk elektronik. Pastikan Anda memilih produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.