Bila Anda merupakan agen pulsa yang menginduk kepada server pulsa, itu berarti Anda bisa dikatakan pihak ke-3 dari sistem pengisian pulsa. Pengisian pulsa memiliki alur, yakni pihak operator mengirimkan server pulsa, kemudian dikirim ke agen atau pengecer kemudian dijual kepada pengguna pulsa. Dari alur itu dapat diambil kesimpulan bahwa, server pulsa juga bisa menjadi agen pulsa itu sendiri. Dengan demikian, server pulsa merupakan sebuah perangkat yang menghubungkan operator penyedia pulsa kepada pengecer maupun kepada pengguna pulsa secara langsung.

Bila Anda belum tahu bagaimana langkah-langkah membangun server pulsa bagi pemula, kami akan mencoba menerangkannya di bawah ini:

  • Membangun Server Pulsa

Sebenarnya pihak server pulsa bisa langsung mengirim atau menjualnya ke keempat tidak perlu melalui agen, namun sistem server pulsa ini hampir mirip dengan MLM. Selain itu,.alasan kenapa agen pulsa ada, karena untuk membangun sebuah perangkat server pulsa dibutuhkan modal yang cukup besar untuk menggabungkan beberapa chip operator menjadi satu, sehingga bagi Anda yang memulai bisnis pulsa untuk pekerjaan sampingan semakin dimudahkan dengan hadirnya server pulsa.

  • Peralatan yang Diperlukan

Jika Anda memulai menjadi agen pulsa, peralatan yang Anda butuhkan hanyalah 1 unit Handphone (HP) yang bisa digunakan untuk melakukan pesan singkat, maka berbeda dengan server pulsa. Anda memerlukan beberapa peralatan yang cukup banyak untuk memulainya, di antaranya:

1. 1 unit komputer lengkap

Hal pertama yang perlu kamu siapkan adalah 1 unit komputer dengan spesifikasi minimal, prosesor dual core dengan RAM 1 GB. Pembaruan aplikasi saat ini memerlukan beberapa spesifikasi yang lebih terbaru untuk menanggulangi server down yang mungkin akan terjadi jika aplikasi server pulsa ketinggalan jaman.

2. UPS (uninterrutible power supply)

Anda harus perhatikan bahwa, server pulsa harus dalam kondisi nyala setiap saat, karena salah satu tugas dari server pulsa juga untuk melakukan monitoring lalu lintas pulsa dari operator ke a gen/pengguna pulsa. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membangun komputer yang kemudian mengganti stafol dengan UPS. Seperti diketahu,i bahwa fungsi UPS adalah untuk menyimpan daya listrik sementara, sehingga ketika arus listrik dirumahmu tiba-tiba mati, maka komputer milikmu tidak akan ikut mati karena UPS telah menyimpan arus listrik sebelumnya.

3. Modem Provider

Modem berfungsi sebagai sms gateway, dimana modem ini nantinya akan ditanami beberapa chip dalam setiap operator seluler. Seperti yang diketahui setiap provider memiliki beberapa chip pulsa seperti M-tronik dan sejenisnya. Sehingga secara singkat, modem provider ini berfungsi untuk menghubungkan setiap chip operator ke dalam satu unit komputer yang telah Anda bangun sebelumnya.

4. Aplikasi Pulsa

Apliklasi pulsa berfungsi sebagai penghubung antara modem dan komputer. Sehingga aplikasi inilah yang nantinya digunakan server pulsa untuk mengirim deposit pulsa ke setiap agen. Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah, pastikan aplikasi yang Anda install merupakan aplikasi original. Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi pulsa yang dapat kamu download secara gratis di internet, namun aplikasi ini rawan terserang virus.