Saat ini internet memang menjadi sesuatu yang begitu akrab dengan kehidupan kita. Hampir setiap sendi kehidupan membutuhkan dukungan dari internet, seperti ketika ingin belanja, belajar, bekerja, dan lain sebagainya. Jika demikian, maka sudah pasti kuota internet harus selalu tersedia dalam jumlah yang cukup. Di sisi lain penggunaan kuota tersebut juga harus dihemat agar tidak mudah cepat habis. Bagaimana cara menghematnya? Mari simak informasi yang akan dibagikan di bawah ini.

Lakukan Ini Bila Tidak Ingin Kuota Internet Cepat Habis

Tips Hemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis

Ditengah kebutuhan terhadap kuota internet, maka melakukan penghemat kuota internet yang dimiliki merupakan sesuatu yang baik untuk dilakukan. Apalagi sekarang dalam kondisi perekonomian yang sulit, sehingga dengan menghemat kuota kita pun akan dapat mengurangi pengeluaran belanja. Berikut ini akan dibagikan beberapa tips untuk menghemat kuota internet agar tidak cepat habis.

1. Atur Waktu Penggunaan

Pertama, silahkan atur waktu penggunaan kuota internet. Kita harus dapat mengatur waktu kapan memerlukan kuota internet dan kapan tidak. Hal ini pun berkaitan dengan penggunaan smartphone maupun gadget yang dimiliki. Semakin sering menggunakannya, tentu akan semakin banyak pula kuota yang akan terpakai.

2. Kurangi Aplikasi Streaming

Di antara faktor penyebab kuota cepat habis adalah pemakaian aplikasi streaming. Semakin banyak kita menggunakan aplikasi ini, maka aliran kuota internet akan begitu kencang. Oleh karenanya bila memang ingin lebih hemat, sebaiknya kurangi aplikasi streaming tersebut. Jika memang harus menggunakannya, maka coba atur kualitas video yang tampil. Sebab berbeda kualitas videonya, maka berbeda pula pemakaian kuotanya.

3. Matikan Aplikasi yang Masih Berjalan Apabila Selesai Digunakan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat menggunakan smartphone kita akan membuka berbagai aplikasi. Tentunya aplikasi tersebut ada yang membutuhkan kuota internet dan ada pula yang tidak. Namun jika aplikasi yang digunakan cenderung lebih banyak membutuhkan kuota, maka sebaiknya pastikan bahwa aplikasi benar-benar mati saat setelah digunakan. Sebab jika tidak, maka aplikasi tersebut akan menyedot kuota yang dimiliki walau sedang tidak digunakan.

4. Manfaatkan Jaringan WiFi Gratis

Barangkali tips keempat ini dapat dimanfaatkan saat berada di tempat yang memiliki fasilitas WiFi gratis. Saat ini telah cukup banyak tempat yang menyediakan wifi gratis, seperti di cafe, mall, dan juga taman. Jika berada ditempat yang demikian ini, maka cobalah untuk memanfaatkan jaringan wifi gratis tersebut, sehingga kuota internet yang dimiliki dapat dihemat penggunaannya.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk menghemat penggunaan kuota internet? Gunakanlah kuota yang dimiliki secara bijak dan cerdas, sehingga kuota tersebut dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang. Demikianlah, semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menghemat pemakaian kuota internet yang dimiliki.