Kartu prakerja pada dasarnya merupakan salah satu bentuk program pemerintah dalam memfasilitasi masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan.

Melalui program ini pemerintah berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat, sembari mereka mempersiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan terbaiknya.

Hingga saat ini kartu prakerja telah memasuki gelombang ke-5 dan pendaftarannya telah ditutup beberapa hari yang lalu. Lantas adakah gelombangkan ke-6 dan berapa besaran kuota yang akan dialokasikan?

Kuota Bagi Pelamar Kartu Prakerja Gelombang Ke-6

Pemerintah Siapkan 800 Ribu Peserta untuk Kuota Kartu Prakerja Gelombang Ke-6

Keseharian program kartu prakerja tentunya telah memberikan sejumlah manfaat bagi kehidupan masyarakat. Terlebih di era ini dengan kondisi perekonomian yang melemah sebagai buntut wabah covid-19.

Program kartu prakerja akan memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan pelatihan dan juga insentif dari pemerintah. Tentunya adanya prosedur registrasi dan seleksi untuk dapat masuk dalam program ini.

Sebagaimana telah disampaikan di awal tadi bahwa kini program tersebut telah memasuki gelombang ke-5. Proses pendaftarannya sendiri telah berakhir pada beberapa hari yang lalu tepatnya di tanggal 5 bulan ini.

Tentunya mereka yang telah terdaftar akan melalui serangkaian tes agar dapat mengikuti program tersebut. Lalu bagaimana dengan pendaftaran di gelombang ke-6?

Pemerintah melalui tim pelaksana program kartu prakerja menjelaskan bahwa akan ada pendaftaran untuk gelombang ke-6. Tentunya setiap lapisan masyarakat dapat mengikuti pendaftaran tersebut sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

Bagi para peserta yang belum lolos pada sesi seleksi gelombang ke-5 juga dapat mengikuti pendaftaran di gelombang-6 nanti. Mereka hanya tinggal mengikuti tahap selanjutnya tanpa harus melakukan pendaftaran dari awal.

Berapa kuota pendaftaran kartu prakerja gelombang ke-6 yang disediakan? Pemerintah telah menjelaskan bahwa kuota untuk gelombang ke-6 nanti adalah sebanyak 800 ribu peserta.

Tentunya hal ini memberikan angin segar kepada masyarakat yang memang berminat untuk mengikuti program tersebut. Hanya saja, pemerintah belum menentukan secara pasti kapan pendaftaran kartu prakerja ini dibuka kembali, sehingga masyarakat diharapkan bersabar sembari memantau perkembangan terbarunya.

Terkait dengan pendaftar kartu prakerja di gelombang ke-5 ini telah tercatat sebanyak 1,7 juta peserta yang mendaftarkan diri mereka pada program tersebut.

Tentunya hal ini akan melalui tahapan seleksi, sehingga akan diperoleh peserta yang layak mengikutinya sesuai dengan kuota yang disiapkan pemerintah. Bagi peserta yang dinyatakan lulus pada tahap seleksi tersebut, pemerintah akan memberikan pemberitahuan melalui sms khusus.

Bagi Anda yang memang berniat untuk mengikuti program ini, maka persiapkanlah persyaratannya sejak dini. Sehingga ketika pendaftaran di gelombang ke-6 nanti dibuka, maka Anda dapat segera melakukan proses pendaftaran.

Selain itu, jangan lupa pula untuk mengupdate informasi terbaru seputar program kartu prakerja tersebut, sebagai bekal untuk menghadapi proses seleksinya. Semoga bermanfaat.