Bulan Ramadhan sudah berhasil dilalui dan sudah menyambut keseruan hari raya Idul Fitri. Tentunya selepas momen tersebut seluruh umat muslim di Indonesia sudah siap untuk memulai kembali rutinitas seperti biasanya. Hanya saja pasca lebaran biasanya banyak PR yang perlu dibenahi, salah satunya terkait finansial karena sudah boros habis-habisan.

Kondisi Finansial Memburuk Pasca Lebaran, Berikut Solusinya

Solusi Pasca Boros di Hari Lebaran

Memulihkan sektor finansial pasca lebaran perlu dilakukan dengan segera jika memang terhitung sangat boros. Sebagai upaya atau solusi, maka Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Mencari Pemasukan Tambahan

Pasca lebaran dan mendapati saldo tabungan tergolong kritis, maka jangan hanya berpangku tangan menunggu gaji bulan depan cair. Alangkah baiknya sisa libur lebaran dimanfaatkan untuk mencari pemasukan tambahan. Bisa dengan menjual barang bekas yang masih bagus dan bernilai ekonomi, atau mengerjakan freelance untuk sementara sehingga sektor finansial segera normal.

2. Melakukan Evaluasi

Jika mendapati kondisi finansial kurang baik pasca lebaran, ada baiknya untuk sedikit melakukan evaluasi. Yakni mengingat kembali pengeluaran apa saja yang sudah dilakukan menjelang hingga hari H lebaran. Apabila kebanyakan untuk kebutuhan konsumtif, maka ke depan usahakan untuk menjauhi pemenuhan kebutuhan konsumtif tersebut.

3. Menyusun Strategi Melunasi Hutang

Mendapati adanya kewajiban hutang pasca lebaran, maka sebaiknya didahulukan. susun strategi agar hutang ini segera lunas tanpa perlu menunggu lebaran tahun depan datang kembali. Misalnya saja dengan menghitung alokasi dana bulanan untuk pelunasan hutang tersebut.

4. Tidak Mengambil Pinjaman Baru

Saat kondisi keuangan memburuk pasca lebaran ada kemungkinan seseorang mengambil solusi mengambil pinjaman. Tentunya menjadi langkah kurang bijak jika sebelumnya masih ada tunggakan hutang yang belum terselesaikan. Jadi, hindari dulu mengajukan pinjaman baru dan fokus ke pelunasan pinjaman yang sudah terlanjur terbentuk.

5. Hidup Lebih Hemat

Hidup lebih hemat dari sebelumnya juga menjadi solusi ampuh untuk bisa menjaga kestabilan finansial pasca lebaran yang cenderung boros. Mulailah memangkas pengeluaran yang dianggap kurang atau tidak perlu. Pertimbangkan untuk memasak sendiri karena jauh lebih hemat dibanding makan diluar, sekalipun banyak promo di aplikasi order makanan online. Semakin banyak biaya-biaya yang berhasil dipangkas maka akan semakin baik bagi kondisi finansial Anda.

situasi memburuknya sektor finansial memang paling sering dijumpai selepas momen lebaran. Meskipun tergolong lumrah dan jamak dijumpai, bukan berarti bisa menganggapnya normal dan menghadapinya dengan santai. Jika memungkinkan menjelang lebaran sudah dilakukan pengaturan keuangan sehingga selepasnya kondisi finansial baik-baik saja.

Namun jika antisipasi terlambat untuk dilakukan, ada baiknya melakukan serangkaian strategi di atas. Sehingga bisa segera memperbaiki kondisi finansial tanpa harus mengajukan pinjaman yang berbuntut pada memburuknya situasi. Semakin dini usaha tersebut dilakukan, maka semakin cepat pula sektor finansial dapat Anda pulihkan.