Banyak orang seringkali mudah tergiur untuk mengikuti trend bisnis yang sedang populer di masyarakat. Namun, mereka terjun ke bidang bisnis tersebut tanpa memahami dengan baik bagaimana strategi serta pengelolaan bisnis tersebut sehingga tak jarang yang akhirnya justru mengalami kebangkrutan bahkan saat masih baru berjalan. Hal inipun berlaku dalam pengelolaan bisnis pulsa yang kini memang semakin marak. Menjalankan bisnis apapun memang membutuhkan strategi dan tidak boleh asal-asal, termasuk bisnis jualan pulsa di level kecil sekalipun. Banyak orang seringkali menganggap remeh bisnis jualan pulsa sehingga pengelolaannya pun terkesan asal-asalan sehingga modal yang dikeluarkan bukannya berkembang melainkan hilang akibat merugi.

Bisnis pulsa memang dianggap sebagai salah satu bisnis dengan keuntungan yang cukup kecil dalam setiap transaksi penjualannya. Namun demikian, ketika transaksi yang dilakukan setiap harinya cukup banyak, maka keuntungan yang bisa dihasilkan pun akan semakin besar. Ada beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan para pelaku bisnis ini yang sebaiknya bisa dihindari supaya bisnis tersebut mampu berkembang dan berhasil.

  • Memberikan utang pulsa

Ketika memulai sebuah usaha jualan pulsa, banyak pelaku bisnis ini yang akhirnya tiba-tiba bangkrut karena modal tidak bisa berputar bahkan berkurang. Hal ini disebabkan salah satunya akibat terlalu leluasa memberikan utang pulsa kepada teman atau siapapun. Dengan semakin banyaknya orang yang berutang pulsa maka ini tentu menghambat perputaran modal untuk bisa menghasilkan keuntungan. Ketika perputaran modal mengalami hambatan maka ini akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha tersebut nantinya. Inilah mengapa ketika memang ingin serius berjualan pulsa, bersikap tegas untuk tidak memberikan utang bisa menjadi solusi. Bila memang terpaksa memberikan utang pulsa, pastikan untuk kebutuhan darurat dan bagi orang yang dipercaya supaya tidak mengganggu jalannya bisnis.

  • Mengambil untung terlalu besar

Setiap pelaku usaha pastinya ingin mendapatkan untung yang besar dari apa yang dikelolanya. Namun, hal ini bukan berarti bahwa keuntungan tersebut diperoleh dengan cara yang tidak tepat. Keuntungan setiap transaksi jualan pulsa mungkin hanya kecil. ini bukan berarti untuk bisa dapat untung besar maka harga jual pulsa di tempat Anda harus dinaikkan jauh lebih tinggi dari konter atau penjual pulsa lainnya. Strategi ini bukannya semakin menguntungkan melainkan justru membuat orang menjadi enggan belanja pulsa di tempat Anda karena harganya yang terlalu mahal. Pastikan harga jual pulsa merupakan harga yang wajar di pasaran.

  • Layanan lambat dan kurang optimal

Hal ini dipengaruhi oleh SDM yang melakukan transaksi ataupun dari server yang dipilih memang kurang optimal pelayanannya. Padahal, dalam berjualan pulsa kunci keberhasilannya, salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan. Ketika didapati bahwa server pulsa ternyata memang lambat, mengambil keputusan untuk mencari server lainnya tentu akan lebih aman. Pastikan untuk memilih jasa server pulsa yang tepat dan terpercaya untuk kelancaran bisnis Anda.

Menjalankan bisnis pulsa memang gampang-gampang susah. Ketika mendapatkan pengelolaan yang tepat maka ini bisa jadi usaha yang menghasilkan. Namun, ketika dikelola secara asal-asalan maka yang diperoleh juga hanya asal-asalan.