Kenali Aplikasi Transaksi Whatsapp untuk BisnisSaat ini hampir semua pengguna gadget pasti memiliki aplikasi yang bernama Whatsapp. Mereka juga kebanyakan menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi seperti telp dan mengirim pesan atau voice note. Saat ini tersedia fitur baru yaitu transaksi Whatsapp untuk menunjang bisnis yang Anda miliki sehingga bisa berjalan dengan baik, cepat dan lebih maksimal. Nama fitur tersebut adalah Whatsapp for Business dan sangat membantu Anda yang memiliki online business untuk mendukung transaksi real time dan aman.

Aplikasi transaksi Whatsapp ini sudah secara resmi diluncurkan namun nyatanya memang sampai saat ini belum semua pengguna aktif Whatsapp bisa memaksimalkan kinerja aplikasi tersebut dengan baik. Tentu saja untuk bisa menggunakannya dengan baik Anda juga harus mengenal seperti apa sebenarnya Whatsapp for Business itu. Untuk feature ini Anda bisa menambah berbagai nomer seperti nomer kantor dan juga nomer rumah. Selain itu nantinya Anda harus melakukan verifikasi data baru kemudian jika sudah muncul tanda centang berwarna hijau itu berarti keaslian akun sudah verified.

Nah, apakah manfaat dan kemudahan yang bisa Anda dapatkan ketika sudah menggunakan aplikasi tersebut? Berikut diantaranya:

  1. Anda bisa mengatur untuk pesan balas otomatis jika ternyata mendapatkan pertanyaan yang sama dari konsumen yang menghubungi Anda. Dan Anda juga bisa mengatur pesan sambutan saat mendapatkan konsumen yang baru saja bergabung dengan Anda.
  2. Selain itu Anda juga bisa mengatur informasi untuk profile company, jam operasional bisnis, kategori bisnis dan juga lokasi serta situs resmi bisnis tersebut.
  3. Disamping itu tersedia juga feature labels sehingga Anda bisa membuat beberapa kategori dan akan membuat komunikasi Anda dengan konsumen menjadi lebih tertata.

Selain itu untuk transaksi Whatsapp juga bisa menggunakan feature baru lainnya yang bernama Whatsapp Payment. Sistem yang digunakan dalam feature ini adalah Unified Payment Interface yang memiliki beberapa fasilitas untuk bank besar. Ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan ketika akan menggunakan feature payment yang satu ini. Dan saat ini transaksi hanya baru bisa sebatas antara pribadi pengguna atau peer to peer. Dan semua transaksi yang Anda lakukan akan secara otomatis tersimpan di history feature Whatsapp Payment. Namun sayangnya feature tersebut saat ini baru tersedia di India dan sedang di uji coba disana. Untuk di Indonesia sendiri belum diketahui kapan secara resmi bisa masuk dan digunakan.

Whatsapp adalah aplikasi yang memang men-support untuk kebutuhan bisnis secara mendalam sehingga diharapkan di masa mendatang bisa menjangkau semua kebutuhan bisnis secara luas dan hanya dengan satu aplikasi saja sudah all in one mencakup semuanya. Whatsapp sendiri sudah bisa digunakan di sebagian besar smartphone yang ada dan masuk di Indonesia atau dunia.