Merebaknya pandemi membuat berbagai aktivitas dialihkan ke sistem online, penggunaan aplikasi konferensi video secara online pun mengalami peningkatan.

Terdapat banyak aplikasi yang menawarkan layanan tersebut dan beberapa diantaranya menjadi sangat populer. Salah satu aplikasi yang menyediakan fasilitas tersebut adalah Google Meet.

Kelebihan dan Kekurangan dari Google Meet

Apa Itu Google Meet?

Sebelum menggunakan Google Meet ada baiknya mengetahui dulu apa yang dimaksud dengan Google Meet itu sendiri. Jadi aplikasi Google Meet merupakan aplikasi besutan Google yang fokus menyediakan layanan untuk kegiatan live video atau yang dikenal dengan istilah video conferences.

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur untuk memaksimalkan pertemuan video secara online. Dulunya Google merilis aplikasi ini dengan nama Google Hangout hanya saja belum dikenal luas masyarakat.

Kemudian oleh Google dikembangkan dengan sejumlah fitur yang menarik dan kemudian diubah namanya menjadi Google Meet tadi.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & PPOB( Listrik, Pam dll )

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )

Klik-Disini-pesan-sekarang

Kelebihan yang Ditawarkan

Adapun kelebihan yang diusung oleh aplikasi Google Meet adalah dari fitur-fitur unggulan dan bermanfaat di dalamnya. Diantaranya adalah:

1. Fitur White Board

Pandemi yang membuat kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online kemudian membuat Google Meet menghadirkan fitur White Board.

Fitur ini memudahkan para guru dan dosen untuk menerangkan materi agar sensasinya sama persis ketika disampaikan di kelas konvensional.

2. Tersedia Secara Gratis

Aplikasi Google Meet adalah aplikasi untuk video konferensi yang sifatnya gratis sehingga bisa dimanfaatkan oleh siapa saja. Hanya saja untuk beberapa fitur memang oleh Google masih dibuat berbayar.

3. Tampilan Sudah HD

Saat melakukan rapat atau kelas online tentunya ingin tampilan masing-masing peserta jernih. Menggunakan aplikasi Google Meet bisa dibantu untuk mendapatkannya karena tampilan sudah dalam format HD.

4. Penggunaannya Mudah

Aplikasi Google Meet menghadirkan kemudahan untuk mengakses semua fitur di dalamnya. Proses instalasi sampai pembukaan video untuk kebutuhan meeting online dan lain sebagainya juga terbilang mudah.

Kekurangan yang Mungkin Perlu Dipertimbangkan

Meskipun memiliki sejumlah kelebihan namun aplikasi Google Meet tentu tidak bisa disebut sebagai aplikasi yang sempurna. Berikut adalah sejumlah kekurangan yang mungkin perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya:

1. Tidak Ada Fitur Hemat Data

Aplikasi Google Meet diketahui belum menyediakan fitur hemat data sehingga saat menggunakannya ada resiko data menjadi boros. Kondisi ini tentu membutuhkan sokongan paket data yang kuat ketika akan menggunakannya.

2. Banyak Fitur Sifatnya Berbayar

Google membuat Google Meet kaya akan fitur, hanya saja tidak semua fitur ini bisa dinikmati penggunanya secara gratis. Sehingga dibutuhkan modal tambahan untuk bisa mengakses fitur-fitur tertentu yang mungkin di beberapa kesempatan akan diperlukan.

3. Membutuhkan Jaringan Internet yang Stabil

Pada dasarnya Google Meet mirip dengan aplikasi sejenis, yakni membutuhkan koneksi internet yang stabil. Jika naik turun maka beberapa fiturnya akan sulit untuk diakses.