Siapa yang sudah tidak sabar lagi menunggu datangnya bulan yang istimewa ini? yakni bulan suci ramadhan. Pastinya setiap muslim sangat merindukan suasana bulan ramadhan dan sebentar lagi bulan tersebut akan hadir di tengah-tengah kita. Sudahkah para sobat muslim dan muslimah mengetahui keistimewaan bulan suci ramadhan? jika belum yuk kita sama-sama mempelajarinya melalui penjelasan di bawah ini.

Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

5 Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

Memang tidak ada habisnya jika kita bercerita tentang bulan ramadhan, apalagi amalan-amalan yang bisa dilakukan pada bulan tersebut. Ramadhan adalah bulan terbaik dan kesempatan terbaik untuk berbuat hal-hal yang positif apalagi pintu kebaikan memang dibuka di mana-mana.

itulah yang menyebabkan istimewanya bulan tersebut dan masih banyak lagi keistimewaan-keistimewaan lainnya. Adapun yang akan dijelaskan pada uraian di bawah ini terkait keistimewaan bulan suci ramadhan.

1. Bulan di mana do’a-do’a akan dikabulkan

Keistimewaan bulan ramadhan yang pertama adalah bulan di mana-mana do’a-do’a setiap orang muslim akan dikabulkan oleh Allah SWT. Adapun waktu-waktu yang sangat tepat untuk berdo’a di bulan suci ramadhan yakni saat sahur, buka puasa, sepertiga malam, setelah sholat dan saat i’tikaf.

2. Amal kebaikan akan dilipat gandakan

Selain do’a yang akan dikabulkan di bulan suci ramadhan, amal kebaikan pun akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Apalagi saat bulan suci ramadhan banyak sekali ibadah yang bisa dilakukan seperti sholat 5 waktu, membaca Al-Qur’an, sholat dhuha, sholat tarawih, sholat tahajud dan lain-lainnya.

3. Bulan di mana Al-Qur’an diturunkan

Semua umat muslim telah mengetahui bahwa bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Bulan ramadhan juga merupakan bulan di mana Al-Qur’an pertama kali diturunkan.

Hal ini sesuai dengan yang disebutkan dalam surah Al-Baqarah Ayat 185 yang artinya “ Bulan ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan bagi petunjuk dan fueqan (pembeda).

4. Adanya malam Lailatul Qadar

Keistimewaan selanjutnya dari bulan ramadhan yang pastinya tidak dimiliki oleh semua bulan-bulan lainnya yakni adanya malam lailatul qadar. Lailatul qadar digambarkan dalam Al-Qur’an sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan yang memiliki makna malam yang sangat mulia

5. Waktu tepat berkumpul sanak saudara

Jika selama ini sangat susah mencari waktu untuk kumpul bareng dengan teman-teman, namun di bulan suci ramadhan justru dapat dijadikan wadah saling berkumpul dengan sanak saudara. Bahkan teman-teman yang jauh pun bisa datang dengan cara mengadakan buka bersama guna menjalin silaturahmi yang sempat terputus.

Baiklah sobat muslim dan muslimah itulah tadi beberapa keistimewaan bulan suci ramadhan yang harus diketahui agar tidak terlewatkan begitu saja. Oleh sebab itu jangan melewatkan bulan suci ramadhan tanpa melakukan ibadah apapun karena itu akan sangat merugikan.