Menjadi seorang jutawan tentu impian setiap orang. Punya uang yang banyak, semuanya bisa dibeli dengan mudah menjadi alasan seseorang untuk menjadi jutawan.

Jutawan juga dikenal memiliki kebiasaan dalam merencanakan keuangan dengan sangat hati-hati. Mereka juga akan membelanjakan uangnya dengan bijaksana.

Tapi sayangnya, beberapa jutawan seringkali tidak bisa mengendalikan diri dengan baik. mereka akan menggunakan uang tanpa arah yang jelas. Dengan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, tentunya akan membuat para jutawan bangkrut.

Kebiasaan yang Sebabkan Jutawan Gulung Tikar

Kebiasaan Jutawan yang Menyebabkan Mereka Bangkrut

Berikut ini ada beberapa kebiasaan yang paling umum dan sering dilakukan para jutawan sehingga menyebabkan mereka gulung tikar atau bangkrut:

1. Tidak melacak pengeluaran

Siapapun Anda, bahkan orang paling kaya sekalipun tentu butuh yang namanya anggaran. Jadi, saat melihat uang, Anda harus tau kemana uang tersebut dibelanjakan.

Anda juga perlu menetapkan anggaran untuk mengetahui kemana perginya uang-uang Anda. Jika Anda sebagai jutawan tdak membuat anggaran, tentunya lambat laun semua uang yang Anda miliki akan hilang begitu saja. Bahkan Anda tidak bisa mengontrol keuangan dengan baik.

karena itu, buatlah anggaran untuk melacak pengeluaran Anda. Memang masalah ini tidak terlihat awalnya tapi pada akhrnya, ketika uang yang dikeluarkan tidak dapat dikontrol, tentunya masalah-masalah tersebut akan terjadi.

2. Membeli barang yang mahal dengan emosional

Banyak jutawan yang bangkrut juga dikarenakan kebiasaan buruk mereka dalam membeli barang mahal dengan emosional. Mereka akan berbelanja sesuka hati tanpa sadar. Semua yang menurut mereka menarik akan dibeli tanpa memikirkan harga barang tersebut.

3. Tidak punya banyak sumber pendapatan

Jika Anda mengira menjadi jutawan punya banyak sumber pendapatan, maka Anda salah. Tidak semua jutawan punya banyak sumber pendapatan. Apabila sumber tersebut salah satunya hilang, sudah pasti ancaman kebangkrutan akan datang.

4. Tidak sabar dan agresif

Para jutawan juga tidak memiliki sikap sabar seperti yang dimiliki oleh investor jangka panjang. Selain tidak sabar, mereka pun punya sifat yang agresif.

Dan lebih buruk lagi, karena uang yang dihasilkan sudah banyak bahkan hingga berjuta-juta rupiah, mereka merasa tidak butuh nasihat lagi dari orang lain bahkan investor yang berpendidikan sekalipun.

5. Salah memilih investasi

Biasanya, jutawan akan mendadak bangkrut karena salah memilih investasi. Meski menjadi seorang investor menjadi salah satu cara dalam meningkatkan kekayaan, tapi jika salah menempatkan tentunya uang yang dikeluarkan akan hilang begitu saja.

Jadi sebaiknya Anda lakukan penelitian terlebih dahulu. Anda juga bisa meminta bantuan mentor atau rekan bisnis yang terpercaya supaya sebelum melakukan investasi, ada banyak hal yang akan dipertimbangkan. Dengan begitu, tidak ada uang yang dibuang percuma disini.

Jika Anda seorang jutawan yang memiliki sikap-sikap seperti yang telah disebutkan tadi, Anda perlu merubahnya sekarang juga. Karena meski uang yang dimiliki banyak dan bahkan Anda adalah orang yang paling kaya sekalipun, tentu ancaman kebangkrutan tetap akan ada.