Kepemilikan kartu BPJS ketenagakerjaan merupakan indikator penting yang menunjukkan bahwa Anda memang benar sebagai anggota aktif BPJS ketenagakerjaan. Oleh sebab itu, keamanan kartu sangat penting untuk dijaga. Lantas bagaimana jika kartu ternyata hilang? Apa yang harus dilakukan? Tenang, tidak usah panik. Jika kartu BPJS ketenagakerjaan benar-benar hilang, coba lakukan beberapa hal berikut.

Solusi Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang

Solusi Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang

Kehilangan kartu BPJS Ketenagakerjaan tentu saja dapat terjadi kepada siapa saja. Faktornya pun cukup beragam, mulai dari lupa tempat meletakkannya, kehilangan di jalan, maupun disebabkan ulah oknum tidak bertanggung jawab. Jika Anda memang benar-benar mengalami hal demikian, maka coba lakukan beberapa di bawah ini.

1. Pastikan Memiliki Salinan Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa ada salinan dari kartu yang hilang tersimpan. Paling tidak Anda mengingat data pada kartu tersebut, khususnya nomor keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan. Sebab hal ini akan diperlukan untuk proses pembuatan kartu baru nantinya.

2. Kunjungi Kantor Polisi dan Buat Surat Keterangan Kehilangan

Langkah kedua, Anda dapat mengunjungi kantor polisi terdekat. Sampaikan kepada petugas yang berjaga bahwa Anda telah kehilangan kartu BPJS Ketenagakerjaan dan ingin membuat surat keterangan atas kehilangan tersebut. Surat ini juga akan dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan untuk mengurus kartu BPJS Ketenagakerjaan yang baru.

3. Surat Keterangan Kepegawaian dari Pimpinan Perusahaan/ Tempat Kerja

Hal ketiga yang harus dilakukan adalah membuat surat keterangan kepegawaian yang diketahui oleh pimpinan tempat bekerja. Surat ini diperlukan sebagai salah satu bukti otentik bahwa Anda benar-benar berasal dari perusahaan yang dimaksud dan masih aktif sebagai pekerja di sana. Berbicaralah kepada pimpinan perusahaan bahwa Anda membutuhkan surat tersebut guna mendapatkan ganti dari kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang.

4. Lengkapi Dokumen Administrasi Lainnya

Keempat Anda harus membawa dokumen administrasi lainnya berupa KTP dan KK. Dokumen ini diperlukan untuk mengkonfirmasi data pada keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki. Cukup membawa salinan dari dua dokumen itu saja dan serahan bersama syarat sebelumnya.

5. Datangi Kantor BPJS dan Ajukan Permohonan Penggantian Kartu yang Hilang

Jika empat langkah tadi telah dilakukan, maka langkah berikutnya adalah silahkan mengunjungi kantor BPJS terdekat. Di kantor ini Anda harus lapor kepada petugas yang berjaga. Sampaikan kepada petugas jika Anda ingin mengajukan permohonan pergantian kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang. Tunggulah proses pembuatan kartu baru hingga selesai, maka Anda pun telah berhasil mengatasi kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang tersebut.

Bagaimana sudah jelas sekarang tentang solusi untuk menghadapi kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang. Terlepas dari solusi ini, maka sangat penting bagi setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk selalu menjaga keamanan kartunya. Pastikan bahwa kartu benar-benar diletakkan pada tempat yang aman dan dapat dijangkau dengan mudah bila diperlukan. Jika ternyata hilang, segera lakukan solusi tadi.