Mungkin Anda ingat jika beberapa waktu lalu, dunia dihebohkan dengan datangnya serangan bernama ransomware WannaCry. Virus berbahaya dan ganas ini sifatnya menyebar dan masif serta menyerang berbagai sumber daya yang sangat penting. Serangan ini bahkan disebut teroris siber.

Virus komputer adalah salah satu bentuk dari Malware yang dapat mengganggu kinerja sebuah komputer. Banyak pengguna yang kemudian frustasi dikarenakan software ini sangat mengganggu dan menjadi korban dari penyerangan virus komputer.

Jenis-Jenis Virus Komputer dan Bahayanya24

Virus yang biasanya masuk ke dalam komputer bentuknya exe dan menyerupai jenis file yang dapat dijalankan. Tapi pada saat dijalankan, tidak ada yang muncul.

Ada banyak sekali jenis-jenis virus komputer yang dapat menginfeksi komputer. Jadi untuk Anda yang sekarang ini ingin terhindar dari bahaya virus komputer ini harus tahu jenis-jenis virusnya kemudian seperti apa cara mengatasinya.

Jenis-Jenis Virus Komputer dan Bahayanya

Ada beberapa jenis virus komputer yang dapat membahayakan situs web atau aplikasi. Dan berikut ini beberapa jenis virus paling berbahaya yang harus dihindari.

1. Trojan

Pertama, ada trojan yang merupakan bagian dari malware dimana malware sendiri software yang berbahaya yang biasanya dimasukkan ke dalam komputer dengan maksud dan tujuan tertentu.

Tapi, dalam perkembangannya, virus trojan ini juga sering diidentikkan dengan virus komputer. Trojan menjadi malware yang masuk ke sistem komputer sebagai pintu masuk untuk malware lainnya.

Secara singkat, jika kita sudah melihat virus yang berisi trojan, virus inilah yang akan membuat malware lain dapat dengan mudah masuk dan menginfeksi komputer Anda.

Virus ini sangat berbahaya sebab dapat menjadi pintu masuk bagi virus lain yang ingin menyerang komputer. Apabila virus ini tidak segera dimusnahkan, komputer akan terganggu dan mungkin akan berada pada kerusakan yang lebih parah.

2. Worms

Seperti halnya dengan virus trojan, Worms juga termasuk malware tapi masuknya malware ini akibat eksekusi file yang telah memiliki virus di dalamnya. Worm merupakan malware yang masuk ke komputer lewat virus dan membuat komputer jadi lambat.

Virus worm ini dapat menyusup hingga ke file apapun yang Anda miliki. Anda harus lakukan full scanning untuk dapat mendeteksinya.

Worm dapat dikatakan sebagai virus yang berbahaya karena worm dengan mudah dapat berpindah-pindah direktori yang ada di komputer Anda. Worm juga dapat membuat perangkat dan sistem Anda jadi lambat. Bahkan, worm menyebabkan berbagai kerusakan yang terjadi pada hardware.

3. Multipartite Virus

Sama dengan namanya, jenis virus ini dapat menyebar dengan multi atau cepat dan jumlahnya pun dapat berlipat ganda dan bertambah banyak dengan begitu cepat. Virus ini biasanya jenis virus yang melakukan penyerangan pada os, boot sector dan juga DOS.

Virus ini berbahaya karena dapat menyerang bagian yang sangat penting dari komputer yakni system, operating system, booting, Bios bahkan Dos. Virus ini bisa bergerak dengan begitu cepat dan sulit untuk dikendalikan.

Banyak sekali bahaya yang ditimbulkan dari virus komputer. Karena itu, Anda harus bisa mencegah virus-virus tersebut masuk ke dalam komputer Anda.