Saat ini menjaga kesehatan adalah hal yang sangat utama, bahkan sangat berharga. Apalagi kesehatan bagian saluran pernapasan, sangatlah penting untuk dijaga. Saluran pernapasan yang tidak sehat akan memicu timbulnya penyakit lain di dalam tubuh.

Sebab organ penting dalam tubuh makhluk hidup saling berhubungan satu sama lain. Oleh sebab itu sebaiknya ikuti tips sehat di bawah ini untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan.

Jagalah Kesehatan, Sayangi Saluran Pernapasan

5 Tips Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan

Kesehatan saluran pernapasan sangatlah penting dijaga sebab menjadi penunjang utama sehatnya tubuh untuk tetap dapat beraktivitas. Menjaga kesehatan tidaklah sulit, namun seringkali dilalaikan oleh banyak orang.

Padahal sangatlah berbahaya jika saluran pernapasan telah bermasalah dan menimbulkan rasa sakit. Jadi, sebaiknya jagalah selalu kesehatannya dengan melakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Rajin olahraga

Tips Menjaga kesehatan yang pertama adalah rajin berolahraga minimal 3-4 kali dal seminggu, dengan lama waktu minimal 20-40 menit. Olahraga yang bisa dilakukan seperti lari pagi, senam, zumba, yoga, bersepeda dan lain-lainnya. Selain saluran pernapasan yang menjadi sehat, sistem organ dalam tubuh pun juga ikut sehat.

2. Menjaga kebersihan tempat tinggal

Saluran pernapasan sangat anti dengan debu serta kotoran yang akan terhirup bersama dengan udara yang masuk melalui hidung. Oleh sebab itu, bersihkanlah tempat tinggal setiap hari agar senantiasa udara bersih dari debu. Sehingga jika kita bernapas, udara yang dihirup adalah udara bersih yang menyegarkan.

3. Tidak merokok

Ingatlah bahwa merokok akan membunuhmu. Slogan itu memanglah nyata adanya. Asap rokok yang dihirup sangatlah berbahaya bagi paru-paru Anda. Selain paru-paru, tenggorokan pun akan ikut menjadi sakit akibat asap rokok tersebut. Bahkan pita suara akan rusak dan menjadikan perokok aktif harus menggunakan alat bantu jika ingin berbicara.

4. Menanam pohon di pekarangan rumah

Agar pernapasan menjadi segar dan terasa nyaman maka tanamlah pohon di sekeliling rumah. Pohon akan menghirup Karbondioksida dan akan melepaskan oksigen. Sementara manusia menghirup oksigen dan melepaskan karbondioksida. Sehingga dengan begitu akan sangat baik sekali jika pekarangan rumah terdapat pohon-pohon yang hijau dan rindang.

5. Mengonsumsi makanan dan minuman sehat

Selain keemapt tips di atas, makanan dan minuman sehat juga menjadi salah satu penunjang sehat ya saluran pernapasan kita. Oleh sebab itu konsumsi lah makanan sehat setiap hari, makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral, protein, serat dan lain-lainnya. Kemudian jangan lupa konsumsilah air putih minimal 8 gelas dalam sehari agar cairan tubuh kita terpenuhi.

Demikianlah tips menjaga kesehatan saluran pernapasan dengan mudah dan murah. Jagalah selalu kesehatan agar penyakit tidak berani hinggap di tubuh kita. Ingat kesehatan itu mahal, sehingga sudah sepatutnya kita menjaganya dengan menerapkan pola hidup sehat.