Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah dan keistimewaan, salah satu keistimewaannya adalah adanya malam Lailatul Qadar. Lailatul Qadar menjadi malam istimewa, karena menjadi momen dimana kitab suci Al-Qur’an diturunkan ke dunia melalui perantara Malaikat Jibril kepada Nabi Muhamad SAW.

Inilah Tanda-Tanda Kehadiran Malam Lailatul Qadar

Tanda-Tanda Malam lailatul Qadar

Agar mendapatkan keberkahan di malam Lailatul Qadar nyaris semua umat muslim mempersiapkan diri menyambutnya dengan maksimal. Hanya saja kehadiran malam Lailatul Qadar ini dirahasiakan oleh Allah SWT. Lantas, apa tanda-tanda malam penuh kemuliaan ini muncul? Berikut adalah tanda-tandanya:

1. Matahari Terbit Cahayanya Redup

Tanda pertama kehadiran malam Lailatul Qadar adalah dilihat dari terbitnya matahari di waktu pagi. Cahayanya disebutkan dalam sebuah hadist tidak terlalu terang dan cenderung redup. Cuaca pun terasa sejuk, tidak panas maupun tidak dingin seperti biasanya. Hal ini sesuai dengan hadist berikut:

“… Dan tanda-tandanya ialah pada pagi hari matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang menyorot.” (HR. Muslim).

2. Malam Tampak Terang

Tanda kedua dari hadirnya malam kemuliaan ini di bulan Ramadhan adalah malam hari tampak begitu cerah. Padahal jika melihat sinar bulan tampak redup dan bulan pun hanya tampak separuh. Hal ini dapat terjadi karena ketika malam kemuliaan ini tiba maka langit tidak akan ditutup oleh awan.

Selain itu udara di malam tersebut pun tidak panas dan tidak pula dingin, sehingga memberi suasana sejuk dan nyaman. Sekali lagi tanda ini sesuai dengan apa yang disebutkan dalam hadits HR Ahmad.

3. Ibadah Malam Terasa Lebih Nikmat

Tanda berikutnya adalah merasakan kenikmatan yang lebih pada saat menjalankan ibadah di malam hari, seperti sholat malam. Kenikmatan ini akan sangat terasa oleh umat muslim yang menjalankan ibadah malam, jika dibandingkan dengan malam-malam sebelumnya.

Disebutkan dalam hadist bahwa di malam mulia ini malaikat diturunkan oleh Allah SWT untuk memberi berkah pada umat Islam. Sehingga ketika menjalankan ibadah di malam hari akan merasakan ketenangan dan juga kedamaian.

4. Angin Berhembus Lembut

Tanda selanjutnya adalah tiupan angin yang berhembus dengan lembut, yang memberikan ketenangan bagi umat Islam. Dijelaskan bahwa di malam Lailatul Qadar ini Allah SWT akan menghembuskan angin secara lembut untuk memberikan kesejukan di malam hari kepada hamba-Nya.

5. Diperlihatkan dalam Mimpi

Malam Lailatul Qadar disebutkan akan hadir di tujuh hari terakhir bulan Ramadhan, dan tanda-tandanya akan diperlihatkan kepada orang mukmin melalui mimpi. Orang mukmin akan diberikan mimpi mengenai kehadiran malam seribu keistimewaan ini. Yakni kepada orang mukmin yang memang bersungguh-sungguh dalam mencari Lailatul Qadar.

Usai mengetahui tanda-tanda dari kehadiran malam Lailatul Qadar maka umat muslim bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik. Sehingga lebih teliti dalam memperhatikan lingkungan sekitar dan khusyuk dalam beribadah, agar tidak melewatkan malam yang sangat istimewa ini.