Per-tanggal 9 September 2020 kemarin, tepat di hari Rabu jumlah positif COVID-19 di Indonesia semakin bertambah. Berdasarkan laporan pemerintah, tambahan pasien positif COVID-19 mencapai 3.307 orang, sehingga saat ini jumlah kasus Corona untuk seluruh wilayah di Indonesia telah mencapai 203.342.

Data tersebut dihimpun secara berkala setiap hari pada pukul 12.00 WIB. Lalu, apakah yang menjadi penyebab utama penyebaran virus tersebut? Marilah kita simak bersama penjelasan di bawah ini.

Inilah Penyebab Pasien Covid-19 di Indonesia Terus Bertambah

5 Penyebab Utama Penularan Virus COVID-19

Semakin hari pasien positif COVID-19 bukannya berkurang, namun justru semakin bertambah. Bahkan persediaan rumah sakit khusus covid semakin menipis sehingga ini cukup membuat masyarakat menjadi semakin khawatir dengan keadaan.

Sebenarnya penyebaran COVID-19 yang tidak berhenti akibat dari beberapa hal berikut ini:

1. Telah dimulai hidup New normal

Adanya pengumuman new normal dari pemerintah sejak setelah lebaran idul Fitri kemarin, semua orang bebas keluar masuk daerah. Moment new normal dimanfaatkan untuk pulang kampung atau pun sekedar berkunjung ke tempat-tempat umum seperti wisata.

Hal inilah salah satu penyebab virus Corona terus mewabah di Indonesia. Bahkan saat ini jumlah pasien positif semakin bertambah terus setiap harinya.

2. Pusat perbelajaan dibuka

Mempertimbangkan masalah ekonomi masyarakat yang semakin menurun disebabkan dampak dari adanya wabah virus Corona, menyebabkan pemerintah terpaksa membolehkan pusat perbelanjaan dibuka.

Supermarket yang terbuka banyak sekali dikunjungi oleh orang-orang yang memiliki asal daerah berbeda-beda. Masih ada beberapa di antara orang-orang tersebut yang tidak sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan seperti social, memakai handsanitizer dan lainnya. Hal inilah yang memicu pasien positif COVID-19 semakin meningkat.

3. Bekerja di luar rumah

Setelah PSBB berakhir, karyawan sudah dibolehkan untuk bekerja di kantor. Tentunya kondisi ini membuat mereka akan selalu bersosialisasi dengan rekan-rekan kerja.

Belum lagi jarak antara rumah dan kantor yang cukup jauh menyebabkan harus menggunakan kendaraan umum. Hal semacam inilah yang membuat resiko penularan virus dapat terjadi di kalangan karyawan yang melakukan aktivitas kerja di luar rumah.

4. Tidak mematuhi protokol kesehatan

Masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang berkeliaran di luar dan tidak mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, handsanitizer serta menjaga jarak.

Padahal, aparat keamanan telah melakukan razia masker untuk para pengguna kendaraan baik pribadi maupun umum. Namun sikap tidak patuh terhadap aturan yang ada masih saja dilakukan oleh banyak orang di Indonesia.

Beberapa penjelasan diatas merupakan penyebab banyaknya pasien positif COVID-19 di Indonesia, bahkan setiap hari jumlahnya selalu bertambah. Oleh sebab itu, mari kita sama-sama mematuhi peraturan dengan mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan. Agar kita semua terhindar dari penularan virus yang mematikan ini.