Era teknologi yang semakin canggih, menyebabkan semua kegiatan dapat dilakukan secara online. Misalnya dalam membeli barang kebutuhan sehari-hari hingga makanan siap santap, apapun dilakukan secara daring mengandalkan koneksi internet.

Pelaku bisnis online saat ini memang sangat menjamur. Akan tetapi, tak jarang yang mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnis online. Walaupun dalam menjalankan segala jenis bisnis, tak ada satu orang pun yang menginginkan sebuah kegagalan. Namun hal ini memang tak bisa dihindari.

Ini Dia Penyebab Gagalnya Berbisnis Online

 

Penyebab Gagalnya Bisnis Online

Sering mendengar banyak orang yang gagal dalam bisnis online? Jangan jadikan hal ini membuat Anda takut untuk memulai bisnis online. Namun, mengapa banyak orang gagal dalam bisnis online?

Ada beberapa faktor yang yang menyebabkan kegagalan tersebut. Simak alasan banyaknya pebisnis gagal dalam bisnis online dan cara menghindarinya sebagai berikut.

1. Kurangnya pengetahuan tentang bisnis

Kurangnya pengetahuan umum bisnis seperti istilah dasar bisnis atau bagaimana caranya beroperasi dapat membuat bisnis Anda gagal.

Menjalankan bisnis tidak sesederhana mengurangkan pengeluaran Anda dari keuntungan Anda. Jadi sebelum memulai bisnis online atau membuat situs e-commerce, pastikan Anda memiliki pengetahuan lengkap tentang cara menjalankannya.

Anda dapat mencari kursus bisnis online, atau belajar dari seminar, atau lebih baik, jika memang Anda memang tertarik sekolah bisnis, Anda bisa belajar lebih banyak disana.

2. Kurangnya pengetahuan tentang brand dari bisnis anda

Sebelum memulai bisnis, Anda harus dapat menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Barang atau jasa apa yang bisnis Anda tawarkan?
  • Mengapa barang atau jasa tersebut dibutuhkan?
  • Siapa yang akan menjadi pelanggan Anda?
  • Apa bisnis ini akan menguntungkan customer Anda?
  • Apa tujuan jangka panjang bisnis Anda?

Jika ada pertanyaan yang tidak dapat Anda jawab dari pertanyaan diatas, Anda harus segera pahami secara dalam tentang bisnis Anda lebih baik.

Seperti misalnya Anda tidak tahu barang apa yang anda tawarkan kepada buyer, tetapi Anda ingin menjual barang yang sedang “on trend” saja.

Hal ini dapat menjadi masalah ketika barang tersebut sudah tidak “on trend”, bagaimana cara Anda melanjutkan bisnis tersebut jika barangnya sudah tidak on demand?

3. Tidak mempelajari konsep dari bisnis

Anda perlu mempelajari banyak konsep dan istilah bisnis sangatlah penting untuk Anda jika ingin sukses berbisnis online.

Cara terbaik yang dapat Anda pelajari tentang menjalankan bisnis online adalah dengan membaca panduan, artikel, atau bahkan cerita sukses dari para pebisnis atau perusahaan terkenal.

4. Tidak memiliki social media

Karena di dunia digital sekarang ini hampir semua orang menggunakan sosial media, bisnis Anda pun harus memiliki sosial media. Hal ini diperlukan untuk wadah interaksi bersama calon pembeli dan untuk menarik pelanggan baru, atau untuk mempromosikan bisnis Anda.