Berapa biaya les privat per hari untuk TK, SD, SMP maupun SMA ? area jakarta, depok, bekasi dan tangerang selatan ?. pada artikel kali ini akan kami bahas bagaimana perhitungan harga guru private ke rumah yang diterapkan pada oleh lembaga les privat.

Mengundang guru untuk datang ke rumah memberikan les privat memang rasanya bisa jadi solusi. Untuk membantu atau membimbing belajar siswa yang merasa kesulitan di sekolah. Atau membutuhkan pendalaman materi yang lebih yang sering menjadi pertanyaan berapa harga guru private ke rumah.

Mahalkah Harga Guru Private Ke Rumah di Jakarta / Bekasi / Depok ?

Satu pertanyaan yang paling sering muncul sebelum memutuskan untuk memanggil guru les privat ke rumah. Adalah berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk tambahan pelajaran ini? Jika mengambil guru dari lembaga les yang sudah profesional. Tarif masing-masing guru dengan program-programnya sudah ditentukan dan merupakan harga tetap.

Namun jika ingin mengundang guru yang mandiri biasanya harga guru private ke rumah lebih fleksibel. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menjadi patokan dalam menentukan harga guru private ke rumah. Untuk Anda yang sedang cari guru les atau bagi yang sedang ingin mencari penghasilan dengan menjadi guru privat.

Domisili

Harga atau biaya mengundang guru privat untuk datang ke rumah dipengaruhi dengan domisili tempat Anda tinggal. Umumnya, biaya les privat di kota besar dengan di kota-kota kecil lebih mahal karena menyesuaikan dengan biaya hidup di kota besar yang juga mahal.

Biaya untuk les privat juga lebih mahal dibandingkan dengan les kelas reguler. Sebagai gambaran untuk di harga les privat di kota besar berkisar di atas Rp.100.000 per sesi atau tiap satu kali pertemuan, sedangkan untuk di kota kecil bisa setengahnya. Pembayaran bisa dilakukan setiap kali selesai pertemuan atau per bulan dengan menentukan dalam satu bulan akan memiliki berapa kali pertemuan.

Tingkat kesulitan materi

Faktor yang memengaruhi harga guru private ke rumah yang kedua adalah tingkat kesulitan materi yang diberikan. Mata pelajaran yang umumnya dicari guru privatnya antara lain adalah matematika, fisika, kimia, biologi, akuntansi, dan juga Bahasa Inggris.

Tujuan privat juga menentukan harga bayaran guru tutor, misalnya les privat yang ditujukan untuk persiapan UN atau ujian masuk perguruan tinggi. Akan lebih mahal dibandingkan dengan les yang hanya untuk bimbingan belajar umum saja.

Hal ini karena dalam memberikan bimbingan untuk ujian, materi dan juga perhatian yang diberikan guru kepada siswanya lebih intensif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal ujian dan lulus dengan hasil yang memuaskan.

Tingkat pendidikan siswa

Tingkat pendidikan siswa yang akan diajar juga menentukan harga guru private datang ke rumah. Makin tinggi tingkat pendidikannya makin mahal pula biaya mengundang guru les ke rumah. Hal ini karena dibutuhkan keahlian dan juga pengetahuan tingkat yang lebih tinggi bagi guru untuk mengajar anak dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Tingkat kesulitan pelajaran yang diberikan pada anak SD tentunya jauh berbeda dengan yang diajarkan pada anak SMA apalagi untuk persiapan ujian yang penting seperti ujian nasional dan ujian masuk perguruan tinggi negeri.

Kondisi ekonomi orang tua

Memilih guru privat yang tidak terikat dengan lembaga alias mandiri memiliki kelebihan biaya yang bisa dinegosiasikan. Apabila biaya terasa terlalu berat, orang tua siswa bisa bernegosiasi dengan guru privat untuk mencapai harga guru private ke rumah yang sepakat.

Dengan demikian kedua belah pihak bisa sama-sama mendapatkan keuntungan. Poin yang dinegosiasikan bisa macam-macam misalnya harga yang ditentukan lebih murah. Namun guru mendapatkan makan siang di rumah siswa, atau mendapatkan uang transportasi Rp. 15.000 setiap kali pertemuan misalnya, dan sebagainya.

Biaya les privat dapat ditekan dengan menggunakan sistem grup atau kelompok belajar yang terdiri dari 2-5 orang siswa. Namun tetap kondusif untuk proses pembelajaran tentunya dibutuhkan perangkat pembantu seperti papan tulis.

FAQ Seputar Harga Guru Private Ke Rumah

Berapa biaya les per pertemuan

Biaya les perpertemuan tergantung lokasi kota anda berada. Untuk kota jakarta kisaran biayanya tergantung kelas dan materi pelajarannya ( kurikulum yang digunakan). biaya les di gurukerumah.NET mulai dari 125.000/ pertemuan 90 menit

Bagaimana Cara menghitung biaya les privat

Cara menghitung biaya les privat ada 2 sistem .
1. sistem paket dibayar dimuka
2. sistem akumulasi di akhir bulan ( sesi dikali biaya per pertemuan)

Biaya les privat untuk anak TK

Untuk biaya les privat untuk anak TK di gurukerumah.NET mulai dari 125.000 – 175.000 tergantung bahasa penghantarnya dan materi yang akn dipelajari.Harga guru private ke rumah