Apakah Kamu pernah mendengar tambak ikan, kolam pemancingan, atau kuliner ikan? Hal yang demikian itu adalah contoh dari bisnis perikanan. Secara harfiah bisnis perikanan merupakan aktivitas yang mengelola ikan menjadi suatu produk yang memiliki nilai secara ekonomis. Lalu apakah bisnis ini memiliki keuntungan yang menjanjikan jika digeluti? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Hal Menarik Menjalankan Bisnis Perikanan

4 Hal Menarik Seputar Bisnis Perikanan yang Perlu Diketahui

Menimbang untung dan rugi ketika ingin menggeluti sebuah bisnis adalah sesuatu yang lumrah. Kita perlu melakukannya agar bisnis yang dipilih benar-benar dapat dijalani dan memberikan hasil yang maksimal.

Hal ini pun sebaiknya dilakukan ketika ingin menggeluti bisnis perikanan. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini disajikan 5 hal menarik seputar bisnis perikanan yang perlu diketahui.

1. Potensi Hasil Laut yang Berlimpah

Sejatinya bisnis perikanan tidak hanya fokus pada produk ikan saja, namun bisa saja berupa hasil laut lainnya. Negara kita (Indonesia) memiliki potensi hasil yang laut yang berlimpah, mengingat wilayah perairan negeri ini yang cukup luas.

Tentunya hal itu memberikan kesempatan yang besar untuk mengembangkan bisnis perikanan, terlebih jika Kamu berada di kawasan pesisir yang notabene cukup mudah mendapatkan bahan baku bisnisnya.

2. Ikan Menjadi Salah Satu Makanan Bergizi

Kedua, ikan merupakan salah satu makanan bergizi yang banyak dianjurkan untuk dikonsumsi. Sebagaimana kita ketahui bahwa tubuh membutuhkan sejumlah asupan nutrisi yang salah satunya dapat diperoleh dari ikan. Tentunya hal ini menjadi isu yang menguntungkan bagi bisnis perikanan. Sebab hal itu akan membantu memasarkan produk kepada konsumen.

3. Dijual Langsung atau Diolah Menjadi Produk Kedua

Hal menarik ketiga dari bisnis perikanan ini adalah ada dua pilihan dalam menggelutinya, Kamu dapat menjual langsung hasil tangkapan dan dapat pula mengelolanya ke dalam produk kedua.

Saat ini tentunya telah cukup banyak ditawarkan produk olahan yang bersumber dari hasil laut, seperti ikan, udang maupun cumi-cumi. Tentunya pengelolaan hasil laut menjadi produk kedua ini akan memberikan nilai tambah, namun perlu modal tambahan.

Jika memang tidak memiliki kemampuan untuk melakukannya, maka Kamu dapat memilih untuk menjual langsung hasil tangkapan (tanpa diolah terlebih dahulu).

4. Membuka Kolam Pemancingan Cukup Menjanjikan

Keempat, bisnis perikanan dalam bentuk kolam pemancingan terbilang cukup menjanjikan. Hal ini terjadi karena adanya tren melakukan aktivitas memancing di masyarakat. Mereka yang tidak dapat mengunjungi langsung alam, maka akan beralih ke kolam pemancingan untuk menyalurkan hobi mereka.

Jika melihat beberapa hal tadi, maka bisnis perikanan memang memiliki peluang dan keuntungan yang menjanjikan. Apalagi sekarang cukup banyak program pemerintah yang siap membantu para pengusaha, sehingga hal itu dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis perikanan.