Selama masa pandemi covid-19, ada banyak istilah baru yang kita pelajari. Mulai dari karantina, physical distancing, isolasi hingga new normal. Istilah new normal muncul sejak bulan Juni 2020 setelah pemerintah menetapkan bahwa kita harus memasuki hidup di era new normal.

Era baru ini tujuannya adalah untuk memulihkan perekonomian yang ada di indonesia karena pandemi covid-19. Dengan era new normal ini, para pedagang dapat berjualan kembali dan masyarakat juga bisa membeli barang dari para pedagang tersebut.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan di Era New Normal

Hal-Hal yang Harus Dilakukan di Era New Normal

Era new normal jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah kenormalan baru. Artinya, saat ini kita harus hidup berdampingan dengan bahayanya virus covid-19. Karena ada bahaya virus yang kapan saja dapat mengancam jiwa, tentu kita harus melakukan beberapa hal seperti:

1. Ketika pergi keluar rumah

Ketika kita harus terpaksa pergi keluar rumah karena ada urusan atau pekerjaan yang penting, tentu yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan diri. Jangan pernah keluar rumah jika saat itu Anda sedang tidak enak badan.

Menerapkan physical distancing keluar rumah juga wajib dilakukan. Dan apabila urusan selesai, Anda bisa kembali lagi ke rumah tapi dengan membuka alas kaki terlebih dahulu sebelum masuk rumah. Anda juga harus menyemprotkan disinfektan di alas kaki ataupun peralatan yang digunakan.

Jangan lupa cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun. Pakaian yang dikenakan tadi harus dilepas semuanya dan segera masukkan ke tempat cucian kemudian tutup tempat tersebut. Mandilah dan berganti pakaian yang bersih sebelum berkumpul kembali dengan keluarga.

2. Ketika bekerja di kantor

Era new normal tentunya mengharuskan karyawan untuk bekerja kembali di kantor setelah sebelumnya segala pekerjaan dilakukan di dalam rumah.

Agar bekerja di kantor tetap aman, yang harus dilakukan adalah tetap menerapkan physical distancing. Sikap ini harus dilakukan di tempat manapun dan di berbagai aktivitas apapun juga.

Ketika bekerja, usahakan untuk memberikan jarak minimal 1 meter dan lebih baik membawa bekal dari rumah supaya Anda tidak pergi ke kantin dan ikut berdesakan dengan pembeli yang lain. Jika saat itu Anda tengah tidak enak badan, langsung izin pulang dan beristirahat di rumah jika memungkinkan.

3. Ketika menggunakan transportasi umum

Jika Anda harus bepergian dengan menggunakan transportasi umum, yang harus dilakukan adalah membawa selalu hand sanitizer. Selain itu, Anda juga tidak boleh menyentuh wajah jika tangan Anda belum dibersihkan. Pastikan membawa botol minum supaya terhindar dari yang namanya dehidrasi.

Meski saat ini pemerintah telah menetapkan era new-normal, bukan berarti kita bisa bebas pergi kemanapun tanpa mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan. Kita harus tetap waspada dan selalu jaga kesehatan dan kebersihan diri. Usahakan untuk tetap berada di dalam rumah jika tidak ada kegiatan yang terlalu penting di luar.