Di era modernisasi seperti sekarang ini, gaya hidup masyarakat dalam hal berbelanja sepertinya mengalami perubahan. Belanja online kini bukan lagi menjadi hal yang asing. Bahkan banyak orang terkadang lebih percaya kepada toko online yang ditemuinya di internet.

Meski anda sudah memiliki toko offline saat ini, bukan berarti toko tersebut harus ditutup. Anda bisa tetap membuka bisnis online dan untuk bisnis offline Anda, coba gunakan beberapa strategi digital marketing berikut ini supaya para pelanggan mau datang ke toko Anda.

Gunakan Digital Marketing untuk Bisnis Offline Anda

Digital Marketing Ternyata Efektif untuk Bisnis Offline

Bisnis offline ternyata bisa lebih berkembang dengan cara melakukan strategi digital marketing. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam konsep digital marketing yang sangat efektif bahkan untuk bisnis offline sekalipun.

1. Lokasi toko

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah lokasi toko Anda yang sudah Anda cantumkan di media sosial maupun website. Apakah store locationnya sudah benar? Karena jika ternyata tidak benar, tentu pelanggan Anda pun akan kesulitan dalam menemukan toko Anda.

Jika ingin memudahkan pelanggan yang ingin datang langsung ke store Anda, Anda bisa tambahkan map yang interaktif. Anda juga bisa buat rute cara menuju ke store Anda melalui transportasi publik.

2. Optimasi SEO terdekat

Anda juga bisa optimalkan SEO terdekat atau lokal saja. Karena kebanyakan dari pelanggan yang datang ke toko adalah yang berada di radius tidak lebih dari 8 meter. Anda harus pastikan jika pelanggan dan calon pelanggan Anda mudah menemukan informasi toko Anda.

3. Melakukan promosi khusus untuk toko offline

Jika ingin toko offline Anda juga sukses seperti toko online, maka Anda bisa melakukan promosi yang dikhususkan hanya untuk pembeli yang datang ke toko offline. Promosi ini bisa menjadi pancingan supaya banyak pelanggan datang ke toko sebab tidak ingin ketinggalan promonya.

4. Memanfaatkan whatsapp khusus bisnis

Indonesia menjadi negara dengan pengguna whatsapp terbanyak. Jadi Anda bisa memanfaatkan hal ini sebagai upaya digital marketing untuk bisnis online Anda.

Tapi sebelum melakukan pemasaran menggunakan whatsapp, Anda harus menggunakan whatsapp bisnis supaya terkesan profesional. Selain itu, whatsapp bisnis juga memiliki banyak fitur khusus misalnya saja profil bisnis mulai dari katalog hingga statistik pesan.

5. Memanfaatkan email bisnis

Dan terakhir, Anda juga bisa memanfaatkan email bisnis. Jadi dengan email ini Anda akan mendapatkan banyak calon pelanggan baru dengan cara mengirimkan mereka sebuah pesan yang berisi produk-produk yang Anda jual.

Jadi meski saat ini bisnis online Anda sudah laris-manis, bukan berarti Anda harus menutup toko offline langsung. Anda bisa gunakan digital marketing supaya bisnis offline Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan.