Untuk menjadi agen atau server pulsa maka kamu harus memiliki satu set komputer yang di dalamnya sudah terinstal sebuah software pulsa murah yang terhubung langsung dengan modem atau handphone dan berisi chip dari berbagai provider top up pulsa. Berikut ini ulasan penjelasan fungsi dan cara kerja sebuah server pulsa.

Fungsi Utama Software Pulsa Dalam Bisnis Pulsa

Fungsi dan Cara Kerja Server Dan Software Pulsa

Cara kerja dari server pulsa ini sebenarnya cukup rumit, yaitu dengan menggabungkan pulsa dari berbagai provider seluler ke dalam suatu sistem perangkat keras atau hardware yang kemudian dijalankan oleh suatu perangkat lunak atau software. Gambaran singkatnya adalah sebuah server pulsa memungkinkan agen untuk mengisi pulsa all operator hanya dengan sebuah handphone.

Sebuah server pulsa biasanya dibekali dengan perangkat-perangkat canggih seperti komputer dengan spesifikasi yang mumpuni, modem, chip hingga software pulsa murah didalamnya yang dapat bekerja secara otomatis untuk menjalankan perintah-perintah tertentu.

Bagi agen yang sudah mendaftarkan nomornya pada server, secara otomatis akan terbaca dan ketika mengirim format transaksi pulsa ke SMS center, maka server akan memprosesnya. Format transaksi yang dimaksud adalah berupa perintah seperti transaksi pengisian pulsa, cek harga, cek saldo, cek bonus hingga kirim saldo.

Saat agen mengirim perintah tertentu yang telah sesuai dengan format transaksi ke pusatnya, maka server akan secara otomatis memprosesnya sesuai dengan perintah yang diterima. Apabila perintah yang diterima adalah untuk top up atau pengisian pulsa maka server akan terlebih dahulu memotong saldo dari agen. 

Jika saldo agen mencukupi maka akan diteruskan pada tabel transaksi, setelahnya baru akan diproses dan sudah di setting sedemikian rupa untuk mengerjakan perintah top up pulsa pada supplier atau provider tertentu. Setelah perintah transaksi diproses maka kemudian akan muncul laporan atau report mengenai hasil dari proses transaksi tersebut. 

Hal ini akan terjadi secara otomatis. Hasil dari proses perintah sesuai format bisa berupa laporan top up pulsa ataupun saldo yang masih tersedia. Laporan inilah yang selanjutnya akan dikirim via SMS Sender pada member atau reseller yang sudah mengirimkan perintah sesuai format pesan.

Dengan adanya sebuah server pulsa yang bekerja secara otomatis, maka agen hanya perlu menggunakan satu buah ponsel atau smartphone saja untuk melakukan transaksi pulsa all operator. Dengan mendaftar di server pulsa terpercaya, maka semua transaksi pulsa akan lebih lancar. Dengan adanya software pulsa yang baik maka kinerja dari sebuah server pulsa akan lebih mudah dan cepat.