e-commerce memang menjadi industri yang terus mengalami kebangkitan beberapa tahun terakhir. Evolusi dan kebangkitan tersebut terlihat semakin nyata semenjak terjadinya peningkatan minat dan juga partisipasi yang dilakukan oleh konsumen sehingga pembelian melalui e-commerce terus mengalami peningkatan juga.

Dengan kebangkitan dari e-commerce, tentu fungsi pasar pun berubah. Yang semula pasar merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual, sekarang berubah fungsi karena penjual dan pembeli tidak perlu bertatap muka secara langsung untuk melakukan transaksi.

Fungsi Pasar Berubah Sejak Hadirnya E-Commerce

E-Commerce Hadir Merubah Fungsi Pasar

Kehadiran e-commerce memang tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya, e-commerce kini menjadi tempat terbaik untuk para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya dan menjadi tempat terbaik untuk pembeli yang tengah ingin membeli produk. Ada banyak sekali perubahan yang terjadi sebelum dan setelah adanya e-commerce pada fungsi pasar.

1. Pengalaman belanja konsumen yang berubah

Dengan kehadiran dari industri e-commerce, tentunya pengalaman berbelanja yang dimiliki oleh para konsumen akan berubah. Perubahan itu dimulai dengan tidak perlu lagi harus pergi ke toko langsung untuk berbelanja, dan transaksi pun dilakukan dengan menggunakan media digital.

Tentunya, perubahan tersebut membawa pengalaman yang berbeda pada saat berbelanja. Jadi kegiatan berbelanja menjadi lebih mudah dan Anda pun tidak perlu repot lagi nanti. Anda bisa menghemat waktu, biaya dan bahkan menemukan produk yang dicari pun sangat mudah dengan hanya mengetikkan produk apa yang Anda cari.

2. Pembelian produk bisa dimana saja

E-Commerce juga lebih banyak digunakan oleh para konsumen saat ini karena pembelian produk dapat dilakukan dimana saja. Dan bahkan, kapanpun produk tersebut dibeli pun bisa.

Konsumen hanya perlu masuk ke e-commerce kemudian lakukan pencarian pada produk yang diinginkan. Tentunya akan ada biaya pengiriman pada produk yang jauh tempatnya dari tempat tinggal Anda saat ini.

Tapi tidak perlu khawatir, tidak sedikit toko online yang akan memudahkan Anda ketika berbelanja secara online dengan memberikan voucher gratis ongkir atau subsidi ongkir nanti.

3. Produk Lebih Murah

Jika pada pasar sendiri ada proses tawar menawar, pada e-commerce sebenarnya proses ini juga ada. Hanya saja, tidak seluruh toko memberikan fasilitas untuk tawar menawar ini.

Tapi, jika Anda ingin mendapatkan produk dengan harga yang murah, tinggal di filter saja kemudian Anda akan mendapatkan produk dengan harga yang sangat murah nanti.

Anda juga perlu melihat kualitas pada produk. Karena harga yang sangat murah biasanya kualitasnya pun tidak akan terlalu baik nanti. jadi carilah barang atau produk dengan harga yang sama dengan harga di toko offline.

Itulah tadi beberapa perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah adanya e-commerce yang merubah fungsi pasar. Perubahan yang terjadi tentu harus disikapi dengan bijak supaya manfaat yang ada pada perubahan akan mendorong kita menjadi lebih mudah dalam melakukan kegiatan apapun juga.