Prestasi anak bangsa memang menjadi momentum untuk memperkenalkan nama Indonesia di dunia internasional. Selain di dunia olahraga, dunia perfilman juga berhasil mengharumkan nama Indonesia di dunia.

Tercatat ada beberapa judul film nasional yang mampu menembus festival film bertaraf internasional. Apa saja judul film tersebut?

Film Indonesia yang Mampu Menembus Perfilman Internasional

Film Indonesia yang Go International

Berikut adalah beberapa judul film karya anak bangsa yang sukses melenggang meramaikan event festival film internasional:

1. Headshot

Film pertama yang masuk ke ajang perfilman internasional adalah Headshot yang rilis di tahun 2016 lalu. Film ini rupanya masuk ke beberapa festival film, pertama di sesi Midnight Madnes yang masih menjadi bagian dari ajang Toronto International Film Festival 2016. Kemudian tayang pula di ajang Leeds International Film Festival 2016.

Headshot merupakan karya sutradara Timo Tjahjanto, dan dibintangi oleh banyak bintang terkenal Indonesia. Mulai dari Iko Uwais, Chelsea Islan, dan juga Julie Estelle dan akting mereka mampu mengantarkan film ini ke ranah internasional.

2. Sekala Niskala

Film berikutnya adalah Sekala Niskala yang rilis pada tahun 2018 lalu, dan masuk ke ajang Toronto International Film Festival 2018. Film karya sutradara Kamila Andini ini bahkan meraih penghargaan sebagai Film Panjang Terbaik di ajang film tersebut.

Film ini sendiri mengisahkan dua anak kembar fraternal di pulau Bali, dan jalan cerita maupun aktor lainnya mampu menempatkan film ini di ajang internasional.

3. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Film berjudul Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak juga menjadi salah satu film Indonesia yang berhasil tayang di ajang perfilman internasional. Bahkan film yang dibintangi dengan sangat apik oleh Marsha Timothy ini berhasil masuk ke banyak ajang film internasional.

Salah satunya di ajang Director Fortnight Festival Film Cannes 2017 lalu. Selain itu film yang disutradarai oleh Moulya Surya ini juga masuk ke ajang Oscar 2019 meskipun gagal masuk di nominasi foreign Language Film.

4. 27 Step of May

27 Step of May juga menjadi salah satu judul film karya anak bangsa yang sukses masuk ke ajang perfilman dunia. Salah satunya di ajang Bengaluru International Festival Film tahun 2018. Pemeran utamanya yakni Raihanun sukses memboyong piala sebagai Aktris Terbaik di ajang ASEAN International Film Festival & Award 2019.

5. Kucumbu Indah Tubuhku

Kucumbu Indah Tubuhku yang rilis tahun 2018 juga sempat tayang di beberapa festival film internasional. Salah satunya di ajang Venice Film Festival di tahun 2018 lalu, kemudian disusul di ajang Three Continents Festival di tahun yang sama.

Film ini sendiri hasil garapan sutradara Garin Nugroho dan berkisah tentang tokoh utama bernama Juno yang menekuni profesi sebagai penari Lengger.