Saat ini kita telah berada dalam tatanan kehidupan baru yang dikenal dengan istilah era new normal. Pada era ini masyarakat diharapkan dapat beraktivitas kembali sembari mawas diri agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah.

Hal ini harus disadari oleh semua pihak, termasuk bagi Anda yang bergelut dalam dunia bisnis, seperti bisnis kuliner. Selain itu, agar bisnis tetap berjalan dengan optimal, maka perlu dilakukan beberapa penyesuaian. Agar tidak bingung, mari simak penjelasan di bawah ini.

Era New Normal; Begini Cara Menjalani Bisnis Kuliner

4 Tips Menjalani Bisnis Kuliner di Era New Normal

Berbisnis kuliner memang cukup banyak diminati, terlebih Indonesia sendiri dikenal dengan beragam olahan kuliner enak dan lezat. Bisnis ini pun jika dikelola dengan baik mampu mendatangkan keuntungan berlimpah ruah.

Mengingat saat ini kita sedang berada di era new normal, maka menjalani bisnis kuliner perlu penyesuaian tersendiri. Terkait dengan hal itu, berikut 5 tips menjalani bisnis kuliner di era new normal.

1. Jaga Kualitas Makanan

Pertama, pastikan bahwa Anda benar-benar menjaga kualitas makanan atau olahan kuliner yang dimiliki. Hal ini lumrah dilakukan dalam berbagai bisnis, termasuk bisnis kuliner ini.

Ketika kualitas makanan terjaga, maka pelanggan pun akan datang silih berganti. Dengan demikian bisnis dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana yang disiapkan.

2. Berikan Harga yang Sesuai

Tips berikutnya adalah perihal harga. Pada dasarnya harga yang dipatok terhadap sebuah produk tentu memberikan pengaruh terhadap minat konsumen untuk membeli produk tersebut.

Boleh saja Anda membandrol harga tinggi, namun hal itu haruslah sesuai dengan produk yang dimiliki. Oleh karenanya, ketika menetapkan harga pertimbangkan kesesuaian dengan kualitas produk makanan dan bukan hanya sekedar mencari keuntungan semata.

3. Memaksimalkan Peluang Pasar Online

Ketiga, Anda juga dapat memaksimalkan peluang pasar online. Saat ini hampir semua produk banyak dijajakan secara online. Hal ini terjadi karena pasar online ini memiliki jangkauan konsumen yang luas.

Selain itu, kecenderungan masyarakat untuk berbelanja secara online pun mengalami peningkatan.

Dengan demikian, Anda harus cermat dalam melihat fenomena ini dan memanfaatkannya semaksimal mungkin untuk menawarkan produk kuliner yang dimiliki.

4. Berikan Promo Spesial

Tips keempat yang juga boleh dicoba adalah memberikan promo spesial. Pada dasarnya pemberian promosi merupakan bagian dari upaya untuk menarik perhatian konsumen.

Anda dapat melakukan hal ini pada event tertentu. Berikan promo menarik seperti potongan harga atau pun hadiah lainnya.

Selain 4 tips tadi, maka penting pula bagi Anda untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Hal ini penting sebagai langkah bijak dalam membantu pemerintah untuk memutus penyebaran virus covid-19. Semakin banyak yang sadar akan hal itu, tentu akan semakin cepat pula proses penanganan virus tersebut dapat dilakukan.