Nyaris semua orang memang menyukai aktivitas bermain video game, karena memang sangat menghibur berkat keseruan yang dihadirkan. Saking serunya bermain kadang tanpa terasa sudah menghabiskan berjam-jam di depan layar video game termasuk layar handphone. Rupanya bermain game secara berlebihan memberi efek pada kesehatan, salah satunya terhadap penurunan pola makan. Berikut penjelasannya.

Efek Bermain Game yang Berpotensi Memperburuk Pola Makan

Efek Bermain Game pada Pola Makan

Meskipun kegiatan bermain game disukai oleh semua kalangan, tidak peduli usia berapa. Namun terdapat sejumlah efek kurang baik terhadap kesehatan, sebab bisa menurunkan kesempatan untuk bisa berolahraga dan secara langsung menurunkan nafsu makan. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian terbaru mengenai efek dari bermain game.

Dilansir dari Medical Daily, bahwa hasil penelitian tersebut memang menunjukan perubahan pola makan yang semakin turun. Khususnya dialami oleh para pria di usia kuliah yang memang lebih punya banyak tenaga dan waktu untuk bermain game. Hal ini didasarkan dari hasil pengamatan bahwa hobi bermain game membuat waktu berolahraga berkurang banyak.

Bahkan tidak sedikit pecinta game yang sampai tidak memiliki waktu berolahraga sama sekali. Selain itu juga mengurangi waktu untuk makan karena fokus pada game yang sedang dimainkan. Hal ini memicu terjadinya pola makan yang memburuk di kalangan pecinta game, khususnya game online.

Adapun penelitian yang hasilnya dimuat di media Medical Daily ini merupakan hasil penelitian dari American Society of Nutrition. Penelitian tersebut juga menjelaskan secara detail bahwa lewat kebiasaan bermain game berlebihan. Maka seorang pria cenderung mengalami pola makan yang buruk dan menurunkan motivasi untuk melakukan kegiatan olahraga secara rutin.

Penelitian ini melibatkan sejumlah pria dari beberapa usia, dan 70% diantaranya memiliki hobi bermain game. 40% dari 70% keseluruhan partisipan yang hobi bermain game tersebut mampu menghabiskan waktu lebih dari lima jam seminggu untuk bermain game. Hasilnya sendiri seperti yang telah dipaparkan.

Sebelum dilakukan penelitian ini terdapat penelitian lain yang melibatkan responden dari kalangan anak-anak yang hobi bermain game. Hasil penelitian juga menunjukan data yang kurang bagus, sebab rata-rata anak yang kecanduan main game mengalami masalah obesitas.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa kebiasaan bermain game akan sangat mempengaruhi pola makan. Sebagian besar melakukan pola makan berlebihan sehingga mengalami kelebihan berat badan. Sebagian lagi mengalami kondisi sebaliknya, dimana nafsu makan justru menurun secara drastis.

Memahami bahwa bermain game yang berlebihan akan membawa dampak kurang bagus bagi kesehatan. Sebab menurunkan motivasi berolahraga dan memperburuk pola makan, maka penting untuk mengatur intensitasnya. Setiap orang memiliki kewajiban untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat, sehingga perlu mengatur jadwal bermain game secara sehat agar tidak berlebihan.