Point of Sale atau POS saat ini sudah menjadi bagian penting untuk kegiatan operasional di berbagai usaha atau bisnis. Fungsinya pun tidak hanya sekedar memproses transaksi penjualan yang dilakukan.

Saat Anda melakukan pembelian di toko atau restoran, Anda akan melihat ada alat kasir yang digunakan untuk memproses pesanan Anda. Mesin tersebut akan mencetak struk yang isinya adalah barang-barang yang dibeli dan total uang yang harus dibayar.

Definisi Point of Sale dan Manfaatnya dalam Bisnis

Apa Itu Point Of Sale?

Point of Sale merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk berbagai macam usaha ritel yang digunakan dalam memproses transaksi jual beli. Toko yang sudah modern pastinya dilengkapi dengan point of sale ini. Biasanya point of sale terdiri dari perangkat mesin kasir yang sudah lengkap dengan cash drawer yang digunakan untuk menyimpan uang serta printer untuk membuat atau mencetak struk.

Tapi dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju, penggunaan mesin kasir yang tradisional sudah berganti dengan pont of sale yang memiliki sistem dan perangkat lebih modern.

Untuk perangkatnya, sudah banyak sekali penyedia dari point of sale yang kini menggunakan tablet pintar baik yang berbasis android atau ios dan ada juga yang sudah menggunakan perangkat point of sale khusus yang disebut dengan terminal.

Dan untuk konektivitas, banyak yang sudah menanggalkan kabel misalnya pada saat mencetak struk, kini pencetakan sudah bisa dilakukan dengan hanya menghubungkannya dengan bluetooth dengan cara wireless.

Untuk Anda yang ingin memulai bisnis baik itu bisnis kuliner atau bisnis yang lain yang di dalamnya terdapat transaksi jual beli, maka penting untuk Anda paham dengan manfaat dari POS ini. Anda akan membutuhkannya untuk membantu kegiatan operasional dari usaha Anda.

Manfaat Point of Sale

Ada banyak sekali manfaat dari point of sale yang akan memudahkan proses transaksi jual beli pada bisnis Anda. Dan berikut ini beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui.

  1. Dengan point of sale, semua transaksi yang dilakukan akan dicatat dengan lengkap dan memprosesnya ke dalam sebuah laporan supaya lebih mudah dianalisa.
  2. Apabila POS tersebut sudah terhubung dengan stok barang maka akan memudahkan Anda dalam memantau bahan baku dan juga ketersediaan produk.
  3. Membuat laporan penjualan secara online atau langsung.
  4. Apabila terjadi perubahan data seperti harga dapat dilakukan dengan sangat cepat.
  5. Dapat mencetak struk pembelian untuk pelanggan jadi Anda tidak perlu gunakan kwitansi atau nota secara manual.
  6. Anda tidak perlu hitung pengembalian uang kembali karena sudah ada sistem yang akan mengkalkulasi secara otomatis.
  7. Menerima berbagai cara pembayaran mulai dari cash, kartu debit, kredit dan lain-lain.

Point of sale memiliki banyak sekali manfaat yang akan memudahkan perjalanan dan perkembangan bisnis Anda. Tapi saat memilih POS, sebaiknya Anda lihat dulu seperti apa kebutuhan Anda supaya tidak ada pemborosan biaya yang dikeluarkan nanti.