Pandemi corona memang mampu membunuh perekonomian sebuah negara bahkan seluruh dunia. Pasalnya pandemi ini memaksa pemerintah membatasi akses masyarakat lewat kebijakan lockdown maupun physical distancing. Praktis kegiatan perekonomian tersendat bahkan mati suri, yang tentu dirasakan semua kalangan tidak terkecuali para artis.

Dampak Corona pada Penghasilan Artis Indonesia

Dampak Corona pada Penghasilan Artis Indonesia

Banyak artis terkenal di Indonesia yang mengaku merasakan langsung dampak corona pada penghasilan mereka. Sepinya job membuat penghasilan macet yang membuat mereka harus memutar otak untuk dapat bertahan. Berikut adalah langkah yang diambil beberapa artis di Indonesia menghadapi pandemi corona:

1. Luna Maya

Artis cantik Luna Maya mengaku jika musim paceklik pandemi corona memberikan dampak buruk terhadap penghasilannya. Penghasilan yang turun secara drastis memaksa artis ini untuk segera mencari solusi. Luna mengaku jika semua tagihan tetap berjalan termasuk gaji untuk karyawan yang dimilikinya. Saat ini ia masih bisa bertahan dengan mengandalkan tabungan, namun tetap saja diakuinya setiap hari adalah tantangan.

2. Anang Hermansyah

Anang Hermansyah juga menghadapi masalah serupa, kebijakan dari pemerintah diikutinya dengan patuh. Adanya pemberlakuan physical distancing membuatnya harus menutup sementara bisnis karaoke yang dimilikinya. Seluruh karyawan kemudian dirumahkan dengan kompensasi, yakni tetap menerima ⅔ dari gaji bulanan yang diterima.

3. Inul Daratista

Tak berbeda jauh, penyanyi dangdut terkemuka Inul Daratista juga mengaku dibuat pusing oleh dampak pandemi corona terhadap penghasilannya yang merosot. Inul mengaku semakin pusing dengan tanggung jawabnya untuk tetap menggaji karyawan serta THR yang perlu diberikan di hari raya besok. Namun, Inul mengaku siap untuk hidup sederhana untuk bisa memastikan semua karyawannya tetap mendapat gaji maupun tunjangan.

4. Maia Estianty

Nyaris senasib dengan Anang Hermansyah, Maia Estianty yang juga membuka bisnis karaoke memutuskan untuk melakukan penutupan sementara. Penutupan ini tak pelak membuang penghasilannya merosot tajam dibanding sebelum pandemi corona menyerang. Namun ia terus berusaha berpikir positif dan menghimbau siapa saja untuk saling bahu-membahu mendukung pemerintah menanggulangi pandemi corona.

5. Raffi Ahmad

Raffi Ahmad juga menghadapi kebingungan besar dari dampak pandemi corona terhadap penghasilannya. Bisnisnya lewat Rans Corp Entertainment perlu diakui menghadapi ancaman besar. Raffi juga mengaku kebingungan dan khawatir tidak bisa lagi menggaji karyawan dan memberi THR jika kondisi akibat pandemi corona terus tidak kondusif seperti sekarang. Hanya saja ia tetap berkomitmen untuk tidak merumahkan karyawan yang dimilikinya sampai kondisi membaik.

Pandemi corona memang memberi dampak signifikan pada perekonomian Indonesia dan juga dunia. Banyak pemilik usaha yang kesulitan dan dibuang frustasi mengenai penyediaan gaji karyawan termasuk THR di bulan depan. Dampak serupa juga dirasakan betul oleh kalangan artis, dan masing-masing memiliki cara tersendiri untuk menyikapi dan mengatasi dampak tersebut.